Rekomendasi Mingguan Minyak 12 – 16 April 2021: Masih Sideways

201

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) masih tetap terkunci dalam rentang harga yang sempit di antara $59.00 – $ 60.00, yang sudah berlangsung selama beberapa hari. Support dan resistance minyak mentah WTI ini juga tetap berada di area $58.00 dan $61.00.

Kondisi seperti ini tidak mengherankan melihat bagaimana banyak factor penggerak naik dan turun harga minyak mentah WTI bermunculan dengan efek saling meniadakan satu dengan yang lain. Dari sisi penggerak bullish, optimisme telah meningkat mengenai outlook pemulihan ekonomi global pada minggu – minggu belakangan ini, terutama dengan ekonomi AS yang mengeluarkan data ekonomi yang sangat bagus pada minggu lalu. Pembagian vaksin terus berlangsung dan cepat atau lambat partisipan pasar akan mengharapkan berakhirnya pandemic dan restriksi yang mengikutinya sehingga dapat membangkitkan kembali permintaan akan minyak mentah.

Namun, katalisator permintaan jangka pendek tercemari dengan meningkatnya pandemic di India, Brazil, dan beberapa negara maju di Asia – termasuk Jepang dan Korea Selatan, sehingga meningkatkan lagi resiko dilakukannya lockdown yang lebih keras. Sementara Eropa praktis masih di bawah lockdown terutama di Perancis dan Jerman.

Sementara itu dari sisi supply, lebih banyak factor yang negatif daripada yang positif. OPEC+ memutuskan untuk menaikkan produksi minyak mereka pada bulan – bulan yang akan datang. Selain itu Iran dan AS sedang melangkah untuk kembali kepada perjanjian damai mereka yang berarti dapat meningkatkan produksi dan supply  dari Iran ke pasar global.

Para trader dan investor minyak mentah saat ini sedang dalam kondisi “wait and see”, mengamati kecepatan vaksinasi untuk melihat kapankah permintaan terhadap minyak akan bisa pulih lebih jauh dan seberapa dampak dari perundingan Iran dengan AS mengenai nuklir atas supply emas.

“Support” terdekat menunggu di $59.12 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $58.44  dan kemudian $58.03. “Resistance” yang terdekat menunggu di $60.20 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $60.61 dan kemudian $61.28.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here