Harga Jagung Turun Penanaman Jagung Lebih Cepat Dari Rata-Rata

156

(Vibiznews – Commodity) – Harga jagung pada penutupan pasar hari Senin turun setelah laporan mingguan pengiriman ekspor mingguan USDA dan Laporan Progress penanaman dimana penanaman jagung  lebih cepat dari rata-rata

Harga jagung di New York turun 8.2 sen (1.43%) menjadi $5.69 per bushel.

Laporan pengiriman ekspor mingguan USDA sebesar 1.584 MMT jagung dikirim sampai 8 April, turun 2.2 MMT dari minggu lalu namun naik 1.76 MMT dari tahun lalu pada minggu yang sama. Negara tujuan ekspor terbesar Cina dan Taiwan 36% dari total. Setelah ditambah 286,802 MT dari laporan lalu membuat akumulasi pengiriman menjadi 37.579 MMT (1.479 bbu).

Laporan mingguan progress pertumbuhan tanaman jagung sampai 11 April, penanaman jagung selama minggu ini bertambah 2 % sehingga total jagung yang sudah ditanam sebesar 4%., masih lebih cepat 1% diatas rata-rata lima tahun.

Pada Laporan Perkiraan Permintaan dan Persediaan WASDE bulan April pada hari Jumat :
Untuk persediaan jagung AS turun karena peningkatan penggunaan jagung untuk dibuat makanan ternak dan juga peningkatan penggunaan jagung untuk etanol, dan juga peningkatan ekspor.

Untuk makanan ternak penggunaan naik 50 juta bushel menjadi 5.7 juta bushel pada 1 Maret. Jagung yang digunakan untuk membuat etanol naik 25 juta bushel menurut EIA.

Ekspor jagung AS meningkat 75 juta bushel, menurut data export inspection pada bulan Maret jumlah terbesar bulanan melampaui jumlah terbesar di Nopember 1989.

Market share AS di pasar global naik menjadi 36.3 % dari 35.4% pada bulan Maret/

Harga jagung rata-rata diperkirakan $4.30 per bushel tidak berubah dari bulan lalu.
Pasar Global.

Produksi jagung global di 2020/21 diperkirakan naik 1.2 juta ton menjadi 1,446 juta ton. Perkiraan pasar jagung 2020/21 di bulan Maret terjadi peningkatan produksi, namun perdagangan menurun sehingga persediaan bisa naik sedikit dari bulan lalu.

Produksi jagung meningkat di Pakistan, Uni Eropa dan Equador, tapi terjadi penurunan di Argentina dan Indonesia.
Perdagangan di pasar global ekspor jagung Ukraina menurun, namun peningkatan impor jagung di Bangladesh.

Pada dasarnya persediaan dari jagung global tidak berubah dari bulan lalu, karena peningkatan persediaan di Korea Selatan dan Pakistan dikurangi persediaan Arab Saudi yang turun.

Analisa tehnikal untuk jagung dengan support pertama di $5.72 dan berikut ke $5.61 sedangkan resistant pertama di $5.95 dan berikut ke $6.02.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here