Rekomendasi EUR/USD 13 April 2021: Naik karena Turunnya Dolar AS

939
Sumber : Wikipedia

(Vibiznews – Forex) EUR/USD diperdagangkan naik di atas 1.19 disekitar 1.1914 mendekati ketinggian bulanan, dengan saham bergerak naik dari kerendahan harian sementara yields treasury AS tetap tenang, yang menyebabkan turunnya USD setelah sebelumya mengalami kenaikan karena sentimen “risk-off” di pasar yang mendukung kenaikan dollar AS yang safe-haven. Kepala Fed Powell mengatakan bahwa ekonomi AS sedang berada pada titik “inflection” namun mendesak untuk berhati-hati terhadap virus corona. Keprihatinan akan Covid juga membebani euro.

Titik “inflection” sebagaimana yang dikatakan oleh Powell adalah kondisi ekonomi dimana berlangsung pembukaan kembali aktifitas ekonomi dengan cepat dan membuat penciptaan lapangan pekerjaan yang banyak, ditengah kampanye vaksin yang berhasil di AS yang memberikan keuntungan dollar AS terhadap euro. Sekitar 35% dari orang Amerika telah menerima paling tidak sekali suntikan sementara angka di Eropa masih dibawah 20%.

Bank sentral AS juga menyatakan kekuatiran bahwa kembalinya dengan cepat ke kondisi normal akan membuat virus corona menyebar dan mendesak untuk berhati-hati. Sementara kasus baru sedang naik di negara bagian tertentu, para investor lebih prihatin mengenai naiknya inflasi AS. Producers Price Index lompat di bulan Maret sebanyak 1% secara bulanan, dua kali lipat dari yang diperkirakan dan melampaui dari yang dapat dibayangkan. Investor sedang menghitung ulang dalam harga kemungkinan the Fed akan menaikkan tingkat bunga lebih cepat daripada yang direncanakan.

Di benua Eropa, ECB mengalami masalah yang bertolak belakang. Fabio Panetta seorang anggota ECB dari Itali, mengatakan bahwa bank sentral Eropa harus menerima inflasi tanpa penundaan. ECB sudah mempercepat mencetak uang euro, namun pemerintah bergerak dengan lambat dalam mendistribusikan dukungan fiskal yang sudah disetujui.

Sementara itu, situasi covid di Eropa tetap mengkuatirkan, meskipun tidak memburuk. Itali sedang mempertimbangkan mengangkat restriksi pada bulan Mei sementara infeksi di Jerman sudah stabil.

Secara keseluruhan dollar AS memiliki ruang untuk naik dan menyebabkan koreksi setelah terjadi tren naik dimulai dari April.

“Support” terdekat menunggu di 1.1870 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1825 dan kemudian 1.1785.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.1930 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1965 dan kemudian 1.2000.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here