Harga Minyak Sawit Kembali Naik Mengikuti Kenaikan Harga Minyak Kedelai

176

(Vibiznews – Commodity) – Harga Minyak Sawit pada penutupan pasar Selasa kembali naik setelah tiga hari berturut-turut turun, karena meningkatnya harga minyak kedelai dan harga minyak mentah sehingga penurunan akibat data MPOB terhenti.

Harga minyak sawit Juni pada penutupan pasar hari Selasa di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik 74 ringgit atau 2.03% menjadi 3,724 ringgit ($900.82) per ton, setelah turun 3 % pada  hari sebelumnya.

Persediaan minyak sawit Malaysia naik diluar perkiraan ke jumlah tertinggi 4 bulan, karena kenaikan produksi dan impor tetapi ekspor naik menurut Laporan Bulanan Persediaan dan Permintaan dari the Malaysian Palm Oil Board pada hari Senin.

Persediaan minyak sawit pada akhir Maret naik 10.7% dari bulan lalu menjadi 1.45 juta ton. Kenaikan persediaan ke jumlah tertinggi 4 bulan karena meningkatnya import dan produksi.

The US Department of Agriculture  (USDA)  memperkirakan bahwa produksi minyak sawit Malaysia di 2021/22 akan menjadi 20 juta ton, meningkat dari perkiraan sebelumnya 19.5 juta ton di 2020/21, dengan asumsi bahwa pemerintah Malaysia akan membuka pintu bagi buruh asing untuk bekerja lagi di perkebunan Malaysia

Produksi di bulan April diperkirakan akan naik 11% dari bulan lalu dan ekspor diperkirakan akan naik 18%, karena peningkatan permintaan menjelang Idul Fitri dan Cina dan India akan mengisi persediaan mereka kembali. Persediaan diperkirakan akan 1.53 juta ton.

Pada hari Senin Refinitiv Agriculture Research mengatakan bahwa harga minyak sawit akan berada di support 3,540 – 3,560 ringgit pada minggu ini dan resistant di 3,780 – 3,800 ringgit.

Harga minyak sawit turun karena meningkatnya produksi membuat peningkatan dalam persediaan di Malaysia, Turunnya harga minyak kedelai karena peningkatan persediaan kedelai global dan pasar biodiesel melemah, demikian survey dari Refinitiv.

Kenaikan harga minyak mentah karena menguatnya data impor dari Cina, sehingga membuat permintaan akan biodiesel meningkat sebagai bahan bakar penganti.

Harga minyak kedelai naik 0.4% di Bursa Dalian, harga minyak sawit turun 0.3% dan harga minyak kedelai di the Chicago Board of Trade (CBOT) naik 1.8%.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here