Rekomendasi GBP/USD 14 April 2021: Stabil di 1.3735 – 45

746

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan dibawah 1.3750 di sekitar 1.3740 setelah angka GDP Inggris untuk bulan Februari meleset dengan angka 0.4% sekalipun kampanye vaksin Inggris berhasil.

Angka GDP Inggris bulan Februari hanya bertumbuh 0.4% dibawah dari yang diperkirakan sebesar 0.5%.

Selain angka GDP yang meleset dari yang diperkirakan, pasangan matauang GBP/USD juga tertekan oleh karena otoritas AS telah meminta agar administrasi dari vaksin satu kali suntik Johnson & Johnson dihentikan. Ini merupakan pukulan terhadap imunisasi di AS. Hal ini terjadi setelah 6 wanita mengalami penggumpalan darah, meskipun sudah hampir 7 juta menerima suntikan. Pasar menjadi turun dan dollar AS yang safe-haven mengalami kenaikan.

Penurunan GBP/USD tertahan dengan berbalik turunnya dollar AS setelah keluarnya data inflasi AS yang lebih tinggi daripada yang diperkirakan dan terjadinya “buy the rumor and sell the fact”.

Laporan mengatakan bahwa Consumer Price Index (CPI) AS naik 0.6% pada bulan Maret, setelah kenaikan sebesar 0.4% pada bulan Februari. Data ini sedikit lebih kuat daripada yang diperkirakan. Konsensus memperkirakan kenaikan sebesar 0.5%. Kenaikan bulanan di bulan Maret ini adalah kenaikan terbesar sejak kenaikan 0.6% pada bulan Agustus 2012. Laporan ini juga mengatakan bahwa angka inflasi tahunan umum naik 2.6% pada bulan Maret. Dengan mengeluarkan harga energi dan makanan yang volatile, inflasi inti naik 0.3% yang juga lebih tinggi daripada yang diperkirakan oleh para ekonom sebesar 0.2%.

Dollar AS telah naik duluan sebelum data CPI dikeluarkan, naik bersamaan dengan naiknya yields obligasi AS, karena ekspektasi akan naiknya data CPI AS. Dengan dollar AS telah naik duluan sebelum data CPI keluar, maka pada saat data CPI keluar, bahkan apabila angkanya naik sesuai dengan yang diperkirakan maka dollar AS akan berbalik turun karena pasar mengalami apa yang dinamakan dengan “buy the rumor, sell the fact”.

“Support” terdekat menunggu di 1.3720 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3700 dan kemudian 1.3670. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3780 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3815 dan kemudian 1.3850.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here