Bursa Eropa Naik Mencermati Laporan Laba Emiten dan Data Inflasi

181
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa naik ke rekor tertinggi pada Kamis (15/04) mencerna laporan pendapatan perusahaan dan angka inflasi dari beberapa negara ekonomi utama.

Indeks Stoxx 600 Eropa menambahkan 0,3% pada perdagangan awal ke level tertinggi baru sepanjang masa, dengan sumber daya dasar naik 1% untuk memimpin kenaikan, sementara saham asuransi melawan tren untuk turun 0,5%.

Indeks FTSE naik 0,6%. Indeks DAX naik 0,25%. Indeks CAC menguat 0,5%.

Saham-saham di Eropa menerima penyerahan beragam dari Asia-Pasifik, di mana pasar  Australia, Jepang dan Korea Selatan naik dengan hati-hati.

Kontrak berjangka yang terkait dengan indeks saham utama AS naik tipis dalam perdagangan pra-pasar, setelah S&P 500 mundur dari rekor tertinggi selama sesi reguler Rabu, dengan tekanan pada sektor teknologi mengimbangi momentum kenaikan setelah beberapa bank besar melaporkan pendapatan yang kuat.

Hasil kuartal pertama yang lebih terkenal akan dirilis Kamis, dengan Bank of America, Citi dan PepsiCo semua melaporkan.

Imbal hasil Treasury AS 10-tahun melayang di sekitar 1,6183% Kamis pagi, mundur sedikit menjelang rilis angka klaim pengangguran mingguan yang diawasi ketat dan data penjualan ritel Maret di Amerika Serikat, yang diharapkan menawarkan petunjuk lebih lanjut tentang lintasan pemulihan ekonomi negara.

Dalam berita virus korona, panel Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memutuskan Rabu untuk menunda keputusan tentang vaksin Covid-19 Johnson dan Johnson menyusul perkembangan kelainan pembekuan darah yang langka, tetapi berpotensi mengancam nyawa pada enam wanita.

Investor di Eropa memantau sejumlah data inflasi Maret dari Jerman, Prancis dan Italia pada Kamis pagi. Indeks harga konsumen Jerman yang tidak diselaraskan secara keseluruhan mencapai 0,5% setiap bulan dan 1,7% tahun-ke-tahun. Badan statistik resmi Prancis melaporkan inflasi IHK bulanan yang diharmonisasi sebesar 0,7% di bulan Maret.

Aktivitas perusahaan juga menjadi fokus di Eropa pada hari Kamis, dengan L’Oreal akan melaporkan pendapatan kuartal pertama setelah bel dan Unicredit Italia mengadakan RUPS, perusahaan minyak besar Shell juga menerbitkan pembaruan lingkungan, sosial dan tata kelola tahunannya.

Deliveroo mengatakan pesanannya meningkat lebih dari dua kali lipat pada kuartal pertama dari periode yang sama tahun lalu, dalam pembaruan perdagangan pertamanya sejak kegagalan IPO profil tinggi perusahaan pengiriman makanan Inggris itu.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, ABB naik 3,2% setelah produsen teknologi Swedia-Swiss mengalahkan ekspektasi laba kuartal pertama, sementara pembuat bir Belgia AB InBev juga menambahkan 4,5% untuk memimpin Stoxx 600 setelah Barclays meningkatkan saham menjadi kelebihan bobot dan menaikkan target harganya.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan asuransi Inggris Legal & General turun 4,3%.

Saham perusahaan real estat dengan aset di Berlin naik di seluruh papan pada hari Kamis setelah Mahkamah Konstitusi Jerman membatalkan undang-undang yang menetapkan batas sewa apartemen di ibu kota. Deutsche Wohnen naik 3% setelah putusan tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak positif dengan laporan pendapatan perusahaan positif. Penguatan data ekonomi zona Eropa dan AS juga dapat memberikan dukungan bagi bursa Eropa.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here