Harga Minyak Sawit Naik Sedikit Pada Penutupan Pasar Rabu

209

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak sawit pada perdagangan hari Rabu sangat volatile diawali dengan kenaikan 1.6% , karena meningkatnya harga minyak mentah dan perkiraan ekspor meningkat tapi kenaikan tersebut tidak bertahan karena laporan bahwa produksi minyak sawit meningkat dan gangguan pengiriman akibat kekurangan container sehingga pada penutupan pasar hari Rabu harga minyak sawit nyaris tidak berubah hanya naik 0.1%.

Harga minyak sawit Juni pada hari Kamis di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik sedikit 4 ringgit (0.1%) menjadi 3,730 ringgit ( $903.15) per ton, setelah pada perdagangan hari ini sempat naik 1.6% karena tekanan peningkatan produksi dan krisis pengiriman global karena kekurangan container membuat harga turun kembali.

Para investor menantikan data ekspor dari cargo surveyor yang akan diumumkan pada hari Kamis dengan perkiraan akan naik 13% dari bulan lalu.

Impor minyak sawit India, pembeli terbesar minyak nabati di dunia naik 57% dari tahun lalu, mereka membeli minyak nabati tropis untuk mengurangi import minyak bunga matahari yang harganya mahal.

Harga minyak mentah naik 1% setelah data industri melaporkan bahwa persediaan minyak mentah AS turun diluar perkiraan dan OPEC meningkatkan permintaan minyak mentah. Menguatnya harga minyak mentah membuat permintaan akan biodiesel meningkat.

Indonesia negara produsen minyak sawit terbesar di dunia, memperkirakan pemakaian biodiesel sebesar 9.6 juta kiloliter di tahun 2022 naik dari 9.2 juta kl pada tahun ini.

Pada hari Senin the Malaysian Palm Oil Board melaporkan bahwa produksi meningkat 28% di bulan Maret, pemulihan dari penurunan selama 6 bulan
Tetapi eksportir menghadapi masalah dengan kekurangan container sehingga pengiriman tertunda dan juga meningkatnya biaya pengiriman.

Harga minyak kedelai di bursa Dalian naik 1.6% sementara harga minyak sawit naik 1.7%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade (CBOT) naik 0.1%.

Analisa tehnikal untuk minyak sawit dengan support pertama di 3,630 ringgit dan berikut ke 3,580 ringgit sedangkan resistant pertama di 3,800 ringgit dan berikut ke 3,870 ringgit.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here