Rekomendasi EUR/USD 15 April 2021: Naik ditengah Turunnya Dolar AS

1155
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) EUR/USD diperdagangkan di atas 1.1950, disekitar 1.1963, memperpanjang kenaikannya dan diperdagangkan di ketinggian selama tiga minggu. Pasar menyambut gembira data inflasi AS yang hanya naik sedikit dan menunggu pidato dari Lagarde kepala ECB dan kepala the Fed, Powell.

Ketakutan bahwa the Fed akan mengurangi skema pembelian obligasinya terbukti premature setelah melewati perkembangan yang terjadi pada hari Selasa dan dollar AS sedang dalam keadaan tertekan.

Pertama, angka inflasi untuk bulan Maret yang sangat dinantikan mengalami kenaikan namun tidak sebanyak seperti yang digembar-gemborkan. CPI inti berada di level 1.6%, sebagaimana yang telah diperkirakan dan masih dibawah target the Fed sebesar 2%. Terlebih lagi, kebanyakan kenaikan di dalam CPI umum datang dari harga energi yang kemungkinan akan stabil bulan – bulan yang akan datang.

Kedua, lelang obligasi 30 tahun AS yang berhasil, mendorong turun yields obligasi AS karena tingginya permintaan, sehingga membuat dollar AS menjadi kurang menarik.

Ketiga, kepala Federal Reserve Powell yang akan berbicara nantinya, kemungkinan bisa merasa yakin bahwa pernyataannya mengenai inflasi yang bersifat transitory adalah terbukti benar.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Namun euro sempat terpukul oleh karena J&J dengan cepat memutuskan untuk menunda pengiriman vaksin ke negara – negara Eropa karena banyaknya peringatan untuk berhati-hati, sementara Eropa sangat tergantung kepada vaksin dari J&J. Penundaan ini bisa membuat Eropa tertunda 3 – 4 bulan untuk mencapai 70% dari populasinya sudah mendapatkan suntikan vaksin. Kehilangan kesempatan pada musim panas ini dapat membuat kerusakan yang parah.

Sentimen pasar yang bagus mendukung kenaikan pasangan matauang EUR/USD, namun semua tergantung kepada perkembangan vaksin.

“Support” terdekat menunggu di 1.1925 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1870 dan kemudian 1.1825.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.1990 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2025 dan kemudian 1.2110.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here