Rekomendasi GBP/USD 15 April 2021: Naik karena Kekuatan Sterling dan Lemahnya USD

675
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD naik mendekati 1.38, disekitar 1.3797 dengan dollar AS tetap tertekan bersamaan dengan turunnya yield Treasury AS. Selain itu kampanye vaksin Inggris yang berhasil tetap mendorong naik Sterling.

Saat ini sedang dilakukan eksperimen untuk mengkombinasikan dosis dari beberapa vaksin Covid – 19 yang berbeda dari AstraZeneca, Pfizer sampai kepada Moderna dan Novavax. Inggris sudah paling depan di dalam memvaksin populasinya dan apabila eksperimen ini berhasil maka akan membuat dorongan yang lebih jauh  bagi Sterling.

Meskipun demikian, perkembangan vaksin diatas hanyalah penggerak minor dari kenaikan GBP/USD. Kenaikan GBP/USD terutama disebabkan oleh melemahnya dollar AS. Dolar AS berbalik tertekan setelah angka inflasi yang keluar hanya sesuai dengan yang diperkirakan.

Angka inflasi untuk bulan Maret yang sangat dinantikan mengalami kenaikan namun tidak sebanyak seperti yang digembar-gemborkan. CPI inti berada di level 1.6%, sebagaimana yang telah diperkirakan dan masih dibawah target the Fed sebesar 2%. Terlebih lagi, kebanyakan kenaikan di dalam CPI umum datang dari harga energi yang kemungkinan akan stabil bulan – bulan yang akan datang.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Selain itu lelang obligasi 30 tahun AS yang berhasil, mendorong turun yields obligasi AS karena tingginya permintaan, sehingga membuat dollar AS menjadi kurang menarik.

Secara keseluruhan GBP/USD memiliki ruang untuk naik ditengah lemahnya USD dan kuatnya Sterling.

“Support” terdekat menunggu di 1.3780 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3750 dan kemudian 1.3700. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3815 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3850 dan kemudian 1.3920.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here