Rekomendasi Minyak 15 April 2021: Membumbung Naik karena Banyak Faktor.

183

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) naik untuk sesi yang ketiga berturut-turut dan berhasil menembus resistance kunci di $60.00 ke sekitar $63.00.

Hal yang membuat naik harga minyak mentah WTI pada hari Rabu kemarin adalah revisi naik dari IEA mengenai proyeksi permintaan minyak untuk tahun ini dimana sekarang diperkirakan akan naik menjadi 5.7 juta barel per hari.

Proyeksi naik dari IEA ini sejalan dengan kenaikan proyeksi oleh OPEC pada hari Selasa. Kartel minyak terbesar di dunia ini, the Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) menaikkan proyeksi pertumbuhan permintaan minyak mentah global pada tahun 2021 menjadi 5.95 juta barel per hari dari sebelumnya 5.89 juta barel per hari.

Selain itu, pada hari Selasa, API melaporkan penurunan yang tak terduga dari inventori minyak mentah AS sekitar 3.6 juta barel selama minggu yang lalu, menjelang laporan inventori minyak mentah AS mingguan.

Harga minyak mentah juga mendapatkan dukungan dari kemajuan kampanye vaksin global dan dampaknya terhadap pemulihan ekonomi dan permintaan minyak mentah.

Harga minyak WTI semakin naik dengan keluarnya laporan dari Energy Information Administration (EIA) yang mengatakan bahwa perubahan persediaan minyak mentah AS berkurang sebanyak – 5.9 juta barel pada minggu yang berakhir tanggal 9 April, dibandingkan dengan yang diperkirakan pengurangan sebanyak 2.9 juta barel.

“Support” terdekat menunggu di $62.12 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $61.44  dan kemudian $59.12. “Resistance” yang terdekat menunggu di $64.61 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $65.62 dan kemudian $66.58.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here