Bursa Eropa Bergerak Naik Terdukung Penguatan Ekonomi AS

318
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa menguat pada hari Jumat (16/04) setelah mencatat rekor tertinggi pada sesi sebelumnya, terbantu penguatan data ekonomi AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,7%, dengan otomotif naik 2% di belakang laporan pendapatan besar dari Daimler, karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif.

Indeks FTSE naik 0,69%. Indeks DAX melompat 0,9%. Indeks CAC menguat 0,4%.

Produsen mobil Jerman itu melaporkan lonjakan pendapatan kuartal pertama sebelum bunga dan pajak menjadi 5 miliar euro ($ 6 miliar), dibandingkan dengan 719 juta euro dalam tiga bulan pertama tahun 2020. Saham Daimler naik 2,9% pada awal perdagangan dan membuat sesama pembuat mobil lebih tinggi melintasi benua.

Bursa Saham di Eropa mendapat penguatan dari hasil positif bursa Asia-Pasifik

Harapan pemulihan ekonomi global yang cepat didorong oleh data yang menunjukkan penjualan ritel AS melonjak 9,8% pada Maret, melampaui ekspektasi konsensus karena stimulus tambahan membuat belanja konsumen melonjak. Laporan terbaru Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis menunjukkan bahwa klaim pengangguran AS turun minggu lalu ke level terendah sejak Maret 2020, menambah momentum kenaikan lebih lanjut pada saham.

Kejutan positif mendorong Dow Jones Industrial Average di atas 34.000 poin untuk pertama kalinya dalam sejarah. Saham berjangka menunjukkan pembukaan datar di Wall Street Jumat.

Imbal hasil Treasury AS kembali menjadi fokus setelah penurunan tajam pada hari Kamis membingungkan investor, meskipun angka ekonomi kuat. Imbal hasil Treasury 10-tahun melayang sekitar 1,5745% Jumat pagi.

Inflasi zona Eropa meningkat pada bulan Maret, Eurostat mengkonfirmasi pada hari Jumat, dengan harga konsumen di seluruh blok naik 0,9% bulan ke bulan, terutama didorong oleh jasa dan energi.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, konglomerat ritel Finlandia Kesko melonjak 4,6% setelah melaporkan pertumbuhan penjualan 16,9% di bulan Maret dari periode yang sama tahun lalu, sementara perusahaan listrik Austria Verbund juga naik 4,6%.

Perusahaan pengiriman peralatan makan Jerman Hellofresh naik 4,2% setelah laporan pendapatan kuartal pertama yang kuat.

Pengecer Inggris, WH Smith, naik 4,2% setelah RBC menaikkan sahamnya menjadi “mengungguli” dan menaikkan harga targetnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak positif dengan dukungan penguatan bursa Asia Pasifik dan bursa AS, setelah data ekonomi AS yaitu retail sales menunjukkan hasil lonjakan besar dan data jobless claim AS menurun. Penguatan ekonomi AS ini memberikan harapan positif bagi pemulihan ekonomi global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here