Bursa Wall Street Diperkuat Data Ekonomi Optimis, Dow Jones dan S&P500 Capai Rekor Baru

203
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) –  Bursa saham Amerika mendapat keuntungan yang penuh setelah semua indeks utamanya ditutup kuat pada perdagangan yang berakhir Jumat  dinihari WIB (16/4/2021). S&P500 dan Dow Jones berhasil mencapai posisi rekor tertinggi baru dan Nasdaq naik ke tertinggi 2 bulan setelah anjlok di sesi sebelumnya.

Indeks Dow Jones melonjak 305,10 poin atau 0,9 persen menjadi 34.035,99, indeks Nasdaq melonjak 180,92 poin atau 1,3 persen menjadi 14.038,76 dan indeks S&P 500 melonjak 45,76 poin atau 1,1 persen menjadi 4.170,42. Kekuatan saham di Wall Street merespon sejumlah data ekonomi AS yang sebagian besar optimis.

Departemen Perdagangan melaporkan  penjualan ritel meroket 9,8 persen pada Maret setelah jatuh 2,7 persen pada Februari. Ini merupakan kenaikan data terbesar sejak Mei 2020 dan melebihi ekspektasi kenaikan di 5,9%.  Kemudian  Departemen Tenaga Kerja melaporkan klaim pertama kali untuk tunjangan pengangguran AS  jatuh ke 576.000, turun 193.000 dari posisi minggu sebelumnya di 769.000.

National Association of Home Builders juga merilis laporan yang menunjukkan peningkatan moderat dalam kepercayaan pembangun rumah AS di bulan April. Indeks  Pasar Perumahan NAHB / Wells Fargo naik tipis ke 83 pada bulan April setelah turun ke 82 pada bulan Maret.

Sementara itu, Federal Reserve merilis laporan yang menunjukkan adanya rebound oleh produksi industri di bulan Maret, meski kenaikan tersebut jauh dari ekspektasi. Produksi industri melonjak 1,4 persen pada Maret setelah jatuh 2,6 persen pada Februari.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Dow Jones juga mendapat keuntungan dari kenaikan signifikan saham UnitedHealth hingga melonjak 3,8%, setelah  perusahaan perawatan terkelola ini melaporkan hasil kuartal pertama yang mengalahkan perkiraan analis. Di sisi lain, saham Bank of America  berada di bawah tekanan meskipun raksasa keuangan itu melaporkan hasil kuartal pertama yang lebih baik dari perkiraan.

Secara sektoral, saham emas memimpin kekuatan hingga mendorong Indeks Bug Emas Arca NYSE naik 4,3 persen ke level penutupan terbaiknya dalam lebih dari dua bulan. Kemudian disusul oleh  saham semikonduktor oleh kenaikan 1,8 persen Philadelphia Semiconductor Index.

Saham real estat komersial juga mengalami penguatan yang cukup besar  dengan Dow Jones U.S. Real Estate Index naik 1,8 persen ke level penutupan terbaiknya dalam lebih dari setahun. Sementara itu saham jasa minyak melemah setelah melonjak pada hari Rabu.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here