Harga Karet Cina Tertekan Selama 5 Pekan Berturut, Mingguan Tocom Rebound

363

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet Tocom menutup perdagangan pekan ini kembali menguat dengan kenaikan moderat, dan sepanjang minggu cetak gain yang cukup signifikan. Dari perdagangan karet di bursa komoditas internasional hari Jumat (16/4/2021) hanya bursa SHFE yang cetak pelemahan mingguan untuk 5 pekan berturut.

Harga karet akhir pekan lanjutkan penguatan sesi sebelumnya yang masih dipengaruhi oleh laporan berkurangnya pasokan global menurut Asosiasi Negara Produsen Karet Alam (ANRPC). Kelompok negara produsen ini melaporkan pasokan global pada bulan April akan menurun karena musim dingin dan penyakit daun jamur baru di Indonesia, Thailand, Malaysia dan Sri Lanka.

Sementara itu sentimen bertambah kuat oleh pergerakan rally harga minyak mentah berada di kisaran tertinggi satu bulan. Harga minyak mentah sebagai bahan pembuatan karet sintetis naik merespon data ekonomi yang optimis seperti data ritel AS dan data PDB China.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Untuk pergerakan harga karet sepanjang minggu, karet Tocom cetak gain dengan penguatan 1,24% setelah pekan sebelumnya anjlok parah dan karet Sicom juga menguat dengan kenaikan 0,30%. Hanya karet SHFE yang cetak pelemahan dengan turun 0,25%.

Harga penutupan karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Agustus 2021 pada penutupan sore hari ini  naik 0,8 yen atau 0,34%  ke posisi 237.7 yen per kg,  setelah dibuka pada posisi 237.6 yen.  Posisi tertinggi sejak 8 April.

Untuk harga karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan September 2021 ditutup menguat  170 poin atau 1,3%  ke posisi 13835  yuan.  Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2021  pada sesi sebelumnya ditutup menguat   US$0,5  atau 0,31% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 163,6.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here