Harga Minyak Sawit Naik Untuk Tiga Hari Berturut-turut

178

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak sawit naik pada penutupan pasar hari Kamis untuk ke tiga hari berturut-turut. Kenaikan terjadi karena ekspor mingguan minyak sawit Malaysia meningkat dan mengikuti kenaikan harga minyak kedelai.

Harga minyak sawit pada penutupan pasar hari Kamis naik 77 ringgit (2.06%) menjadi $3,807 ($922.69) per ton.
Ekspor minyak sawit Malaysia dari 1 – 15 April naik 13.1% dari bulan sebelumnya 1-15 Maret menjadi 585,510 ton menurut AmSpec Agri Malaysia.

Permintaan biodiesel yang berbahan utama minyak sawit dari AS diharapkan meningkat karena negara tersebut sedang mencari pengganti dari etanol berbahan jagung karena persediaan jagung brkurang.

Pasar berharap ada peningkatan ekspor dari pembeli minyak sawit dunia Cina dan India untuk mengisi persediaan mereka kembali.
Pasar kedelai sedang volatile sehingga harga minyak kedelai juga bergerak mengikuti pergerakan harga ini demikian juga dengan minyak sawit.

Kenaikan Harga bisa terhambat karena kenaikan dari produksi minyak sawit.The US Department of Agriculture  (USDA)  memperkirakan bahwa produksi minyak sawit Malaysia di 2021/22 akan menjadi 20 juta ton, meningkat dari perkiraan sebelumnya 19.5 juta ton di 2020/21, dengan asumsi bahwa pemerintah Malaysia akan membuka pintu bagi buruh asing untuk bekerja lagi di perkebunan Malaysia

Produksi di bulan April diperkirakan akan naik 11% dari bulan lalu dan ekspor diperkirakan akan naik 18%, karena peningkatan permintaan menjelang Idul Fitri dan Cina dan India akan mengisi persediaan mereka kembali. Persediaan diperkirakan akan 1.53 juta ton.

Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade naik 0.1%, harga minyak kedelai di Bursa Dalian juga naik 0.8% sementara harga minyak sawit naik 1.2%.

Analisa tehnikal untuk minyak sawit dengan support pertama di 3,630 ringgit dan berikut ke 3,580 ringgit sedangkan resistant pertama di 3,800 ringgit dan berikut ke 3,870 ringgit.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here