Rekomendasi GBP/USD 16 April 2021: Kekuatan GBP Mengatasi USD

746
London - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD naik kearah 1.38 disekitar 1.3780, membalikkan kejatuhan sebelumnya menjelang keluarnya laporan penjualan ritel AS yang penting.

Ekspektasi terhadap laporan penjualan ritel AS tinggi bangkit disekitar 5% meskipun demikian ketidakpastian tinggi dan bisa muncul jauh di atas dari yang diperkirakan. Dibekali oleh stimulus cek sebesar $1,400 pada bulan Maret, setelah cek sebesar $600 pada bulan Januari, angka lebih dari dua digit bisa saja terjadi, yang bisa memberikan dorongan naik bagi dollar AS berikutnya.

Penjualan ritel AS melompat ke 9.8%  – hampir mencapai dua digit – pada bulan Maret setelah kejatuhan yang direvisi naik sebesar 2.7% pada bulan Februari, menurut data terbaru dari Departemen Perdagangan AS. Sementara para ekonom memperkirakan kenaikan penjualan ritel sebesar 5% sebagai angka umum.

Dollar AS telah berbalik naik setelah komentar dari kepala Federal Reserve Jerome Powell yang menyebutkan tentang mengurangi pembelian obligasi, yang mengatakan bahwa itu akan terjadi sebelum tingkat bunga dinaikkan. Wakil kepala the Fed Richard Clarida mengatakan bahwa tanda untuk mengurangi pembelian obligasi akan datang di dalam pertemuan the Fed termasuk proyeksi yang baru – membuat pertemuan FOMC bulan Juni nanti akan menjadi sangat kritikal.

Pengurangan pembelian obligasi AS berarti lebih sedikit dollar AS mengalir masuk ke dalam pasar, sehingga matauang dollar AS kemungkinan akan naik. Sedikit disebut saja mengenai hal ini sudah membuat dollar AS dibeli dimana-mana.

Sementara Sterling menerima dorongan naik pada minggu ini dengan Inggris mengangkat sejumlah restriksi secara signifikan. Kembali ke pubs, gyms, salon rambut, dan lainnya, setelah penurunan yang tajam dari penularan Covid – 19.

“Support” terdekat menunggu di 1.3750 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3700 dan kemudian 1.3670. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3810 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3850 dan kemudian 1.3920.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here