Rekomendasi Minyak 16 April 2021: Naik ditengah Kekuatiran Geopolitik dan Lemahnya USD

188

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) meneruskan kenaikannya ke $63.15.

Kenaikan dari harga minyak mentah WTI disebabkan karena data inventori yang positip dan juga karena melemahnya dollar AS yang memberikan dukungan bagi harga komoditas.

Bukan saja angka persediaan minyak dari Energy Information Administration (EIA) dan  American Petroleum Institute (API) yang positip yang menunjukkan penurunan persediaan minyak mentah AS, dan melemahnya dollar AS, namun juga pengharapan untuk permintaan energi yang lebih banyak juga positip bagi kenaikan harga minyak mentah.

Naiknya permintaan minyak mentah dilatar belakangi oleh pemulihan ekonomi di AS dan Inggris yang didukung oleh bagusnya usaha vaksinisasi di AS dan Inggris. Data dari Departemen Transportasi AS menunjukkan bahwa orang Amerika mengendarai kendaraan saat ini lebih banyak daripada yang dilakukan pada tahun 2019 di interstate highways.

Selain itu ketegangan geopolitik menambah dorongan naik harga minyak mentah WTI. Arab Saudi dilaporkan menyergap dua misil Houti dan 4 drones dan AS mengumumkan sanksi tambahan terhadap Rusia, dan Iran siap menaikkan pengkayaan uraniumnya.

“Support” terdekat menunggu di $62.12 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $59.18  dan kemudian $57.93. “Resistance” yang terdekat menunggu di $64.06 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $65.32 dan kemudian $67.13.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here