Rekomendasi Mingguan Minyak 19 – 23 April 2021: Faktor yang Membawa Naik Harga Minyak

199

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) bergulat di level ketinggian beberapa minggu yang baru di atas $63, disekitar $63.12.

Sementara harga minyak mentah WTI hampir tidak bereaksi terhadap keputusan OPEC+ yang terbaru yang akan memulai memotong pemangkasan produksi sejak bulan depan, bulan Mei. Sentimen para trader tetap bagus dan para investor memandang melampaui pandemik dan sebaliknya memfokuskan kembali kepada progress dari kampanye vaksin di Eropa dan dampaknya terhadap outlook pertumbuhan dan permintaan minyak.

Harga minyak mentah WTI telah terus naik sejak hari Senin karena terus diperbaharuinya optimisme mengenai pemulihan ekonomi di benua Eropa. Kalau Eropa saja sedang mulai pulih, apalagi dengan di Amerika Serikat.

Kenaikan harga minyak mentah WTI didukung lebih jauh setelah OPEC dan IEA merevisi  naik proyeksi permintaan minyak mentah untuk tahun ini.

Selain itu, pada hari Rabu, EIA juga melaporkan penurunan  inventori minyak mentah AS sebanyak hampir 6 juta barel pada minggu lalu. Dan data ini sesuai dengan penurunan mingguan yang lainnya yang dilaporkan oleh API pada hari Selasa.

Pergerakan naik dari harga minyak mentah WTI juga disebabkan oleh dollar AS, yang terus mengalami penurunan. Indeks dollar AS sekarang berada di 91.5. Selain itu hal yang penting yang harus dicatat adalah penurunan dari yields obligasi 10 tahun AS secara signifikan.

Imbal hasil treasury 10 tahun AS yang tiba – tiba berbalik turun, setelah berminggu – minggu lamanya mengalami kenaikan dan sempat mencetak rekor level tertinggi satu tahun di 1.776%, merosot ke level terendah satu bulan di 1,528% semalam.

Semua ini telah mendorong naik harga minyak ke level ketinggian beberapa minggu yang baru di atas $63.00.

“Support” terdekat menunggu di $62.12 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $59.18  dan kemudian $57.93. “Resistance” yang terdekat menunggu di $64.06 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $67.94 dan kemudian $69.71.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here