Rekomendasi EUR/USD 20 April 2021: Berpeluang Naik Lebih Tinggi Lagi?

1561
Sumber : Wikipedia

(Vibiznews – Forex) EUR/USD lompat keatas 1.20, menyentuh ketinggian baru sejak bulan Maret di sekitar 1.2035 ditengah sentimen pasar yang “risk-on” dan sempat jatuhnya yields AS, namun kemudian berhasil naik kembali. Meningkatnya vaksinasi di Uni Eropa juga mendorong sentimen pasar secara positip.

Uni Eropa akan menerima 50 juta dosis tambahan vaksin dari Pfizer/BioNTech pada kuartal yang kedua dan isu mengenai J&J kemungkinan akan segera berlalu. Sementara Amerika Serikat sedang dalam perjalanan untuk mendistribusikan 55 juta dosis vaksin sampai bulan Juni.

Vaksinasi yang sudah bertambah cepat di Uni Eropa belum diperhitungkan dalam harga euro, sementara AS 40% penduduknya telah menerima vaksin namun semuanya telah diperhitungkan dalam kenaikan harga matauang AS. Terlebih lagi bagi dollar AS, yields obligasi pemerintah AS mengalami kejatuhan, sehingga membuat dollar AS menjadi kurang menarik. Yields AS saat ini dibawah 1.56%.

Ekonomi AS sedang bergulir kuat, terefleksi di dalam angka penjualan ritel yang melompat ke 9.8% pada bulan lalu. Permintaan yang kuat dari konsumen AS ini memberikan sentimen yang positip terhadap “risk-on”.

Secara keseluruhan pasangan matauang ini memiliki peluang untuk naik ke atas melewati 1.20 dan lebih tinggi lagi.

“Support” terdekat menunggu di 1.1945 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1925 dan kemudian 1.1880.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.2060 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2115 dan kemudian 1.2150.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here