Rekomendasi GBP/USD 20 April 2021: Naik Namun Terancam Turun Tiba-Tiba

1841
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD naik mengarah ke 1.40 ke sekitar 1.3980 dengan dollar AS turun dibawah, meskipun yields treasury AS mengalami kenaikan setelah sempat jatuh sebelumnya. Berhasilnya kampanye vaksin Inggris dan sentimen pasar yang optimistik juga mendukung naik Poundsterling.

Kekuatiran mengenai vaksin tidak berpengaruh terhadap pasangan matauang GBP/USD yang mengalami kenaikan mengarah ke 1.40, lebih dari 200 pips dibandingkan dengan angka hari Jumat yang lalu. Faktor utama yang mendorong poundsterling naik adalah melemahnya dollar AS. Turunnya dollar AS disebabkan oleh sempat jatuhnya yields treasury AS (sekalipun kemudian naik lagi)  dan sentimen pasar yang “risk-on”. Namun tren ini bisa saja tiba-tiba berbalik.

Dunia sedang bergembira dengan keluarnya Amerika dari krisis coronavirus, dengan kuatnya konsumsi AS yang dipandang sebagai katalisator untuk pertumbuhan global. Permintaan terhadap obligasi AS juga meningkat, Sebagian disebabkan karena koreksi normal, Sebagian lagi karena reaksi terhadap permintaan yang kuat pada saat lelang baru – baru ini.

Perubahan bisa terjadi dari perkembangan terbaru rencana belanja infrastruktur. Beberapa anggota Kongres siap bertemu dengan Gedung putih untuk mendiskusikan detailnya dan bergerak lebih lanjut. Jika belanja infrastruktur senilai $2.25 triliun ini bisa diloloskan, akan terjadi aksi jual terhadap obligasi AS yang akan membuat yields obligasi AS mengalami kenaikan dan membawa serta dollar AS naik. Selain itu, belanja infrastruktur ini akan didanai oleh kenaikan pajak yang tidak dikehendaki oleh Wall Street. Jika rally di pasar saham berhenti, maka dollar AS yang safe-haven akan mendapatkan permintaan yang baru.

Sementara Inggris terdepan di dalam kampanye vaksinnya yang cepat, AS sedang mengejar dibelakang dengan cepat juga, dimana saat ini telah mencapai 40% dari populasinya telah mendapatkan vaksin.

Secara keseluruhan poundsterling sedang bergerak naik secara signifikan namun bisa berakhir tiba-tiba dengan cepat.

“Support” terdekat menunggu di 1.3900 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3850 dan kemudian 1.3810. “Resistance” terdekat menunggu di 1.4000 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.4050 dan kemudian 1.4100.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here