Harga Karet Tocom 21 April Melemah, Sicom Ditutup Flat

467

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan karet di bursa komoditas internasional  hari Rabu (21/4/2021) alami tekanan merespon pergerakan turun harga minyak mentah dan laporan peningkatan produksi global. Harga karet SHFE dan Tocom alami  penurunan harga dari kenaikan signifikan sebelumnya, karet Sicom ditutup flat.

Harga minyak mentah terkoreksi 2 hari berturut dari posisi harga tertinggi sebulan sebelumnya oleh kekhawatiran pasar akan lonjakan kasus baru covid-19 di India sebagai negara konsumen minyak mentah terbesar ketiga dunia yang dapat menghambat demand dari negara tersebut.

Kemudian baru – baru ini  Asosiasi Negara Produsen Karet Alam (ANRPC) melaporkan kemungkinan  peningkatan produksi karet alam global pada bulan Maret yang akan meningkat 1,3% secara tahunan menjadi 910.000 triliun.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Harga penutupan karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Agustus 2021 pada penutupan sore hari ini  turun  1,7 yen atau 0,72%  ke posisi 233.2 yen per kg, setelah dibuka pada posisi 236.0 yen. Tekanan harga di Tocom juga dipengaruhi kondisi kasus covid-19 di Osaka yang diberlakukan keadaan darurat karena lonjakan harga.

Untuk harga karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan September 2021 ditutup melemah 5 poin atau 0,02%  ke posisi 13910  yuan.  Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2021  pada sesi sebelumnya ditutup flat  dari harga sesi sebelumnya ke posisi 165,5.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here