Bursa Eropa Positif Mencermati Laporan Laba Perusahaan

358
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa naik pada hari Kamis (22/04) mencermati laporan laba perusahaan dengan mengabaikan kekhawatiran peningkatan kasus covid-19.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,6% pada awal perdagangan, dengan saham teknologi naik 1,6% untuk memimpin kenaikan karena sebagian besar sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif. Saham jasa keuangan melawan tren turun 0,4%.

Indeks FTSE naik 0,25%. Indeks DAX meningkat 0,5%. Indeks CAC menguat 0,8%.

Pasar Eropa mengikuti momentum positif yang terlihat di sesi kemarin, mengikuti perdagangan optimis di Asia-Pasifik, meskipun hal yang sama tidak berlaku untuk bursa AS.

Indeks saham AS berjangka datar dalam perdagangan pra-pasar pada hari Rabu meskipun saham menghentikan penurunan dua hari berturut-turut pada hari Selasa, karena perusahaan yang terkait dengan pembukaan kembali ekonomi memimpin lebih tinggi.

Laporan penghasilan ada dalam agenda di Eropa pada hari Kamis dengan Nestle, SAP dan Renault di antara perusahaan yang melaporkan.

Sementara itu Credit Suisse melaporkan kerugian bersih 252 juta franc Swiss ($ 275 juta) karena mencerna dampak dari skandal hedge fund Archegos. Saham pemberi pinjaman Swiss ini turun 5,6% di awal perdagangan.

Renault membukukan penurunan 1,1% dalam pendapatan kuartal pertama karena mengarahkan upaya penyelesaian dan kekurangan semikonduktor global. Saham tergelincir 0,4% lebih rendah.

Nestle melaporkan pertumbuhan penjualan kuartalan terkuat dalam satu dekade, dengan penjualan organik naik 7,7% pada kuartal pertama. Saham grup makanan Swiss naik 3,6%.

Perusahaan teknologi berkelanjutan Finlandia Wartsila adalah penggerak terbesar pada Kamis pagi, melonjak lebih dari 12% setelah mengalahkan perkiraan pesanan kuartal pertama meskipun perkiraan laba meleset.

Bank Sentral Eropa juga dijadwalkan untuk menyampaikan pengumuman kebijakan moneter terbaru, meskipun tidak ada perubahan besar yang diharapkan.

Para pemegang saham baru-baru ini dapat melihat koreksi terbesar: Sam Stovall dari CFRA
Penghasilan dan rilis data terus mendikte sentimen pasar AS minggu ini dengan lebih banyak perusahaan, termasuk AT&T, American Airlines, dan Intel, di antara mereka yang akan melaporkan Kamis.

Data ekonomi yang dirilis Kamis juga akan memberi investor gambaran tentang pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung. Klaim pengangguran awal akan dirilis malam ini, dengan ekonom memperkirakan hasil 603.000, menurut perkiraan dari Dow Jones.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak positif, mengikuti penguatan bursa Asia dan mengharapkan laporan laba positif perusahaan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here