Harga Minyak Sawit Naik ke Harga Tertinggi Dua Minggu

186

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak sawit pada penutupan pasar hari Rabu naik ke harga tertinggi dua minggu, karena mengikuti kenaikan dari minyak kedelai di Dalian Commodity Exchange dan di Chicago Board of Trade.

Harga minyak sawit Juli pada penutupan pasar hari Rabu di Bursa Malaysia Derivatif Exchange naik 87 ringgit atau 2.29% menjadi 3,892 ringgit ($944.89) per ton, harga tertinggi sejak 8 April. Pada perdagangan hari ini harga minyak sawit sempat naik 3.8%.

Kenaikan harga minyak sawit sangat dipengaruhi oleh kenaikan harga minyak kedelai dimana harga minyak kedelai pada hari Rabu naik tinggi karena persediaan dari minyak kedelai global sedikit.

Sementara menurut the Southern Peninsula Palm Oil Millers Association di Malaysia produksi dari 1 -20 April diperkirakan tidak berubah dari bulan sebelumnya sehingga tidak sesuai dengan perkiraan pasar bahwa akan ada peningkatan produksi.
Cargo Surveyors Malaysia mengatakan bahwa ekspor minyak sawit Malaysia dari 1-20 April meningkat antara 10% sampai 12.7% dari bulan lalu. Kenaikan pengiriman turun tidak sesuai dengan yang diperkirakan trader.

Dengan kenaikan ekspor yang tidak sesuai dengan perkiraan trader dan produksi yang tidak bertambah maka kemungkinan persediaan tidak akan turun banyak, sehingga harga minyak sawit masih akan stabil sampai akhir April dan pertengahan Mei.

Faktor penurunan dari minyak sawit dari turunnya ekspor dari India dan Uni Eropa karena peningkatan penderita covid-19 di India semakin tinggi, sehingga India yang merupakan importir terbesar minyak nabati dunia akan mengurangi permintaanya.

Uni Eropa pembeli terbesar ke tiga dari minyak sawit Malaysia mengimpor 4.23 juta ton di 2020/21 turun 4.55 juta ton dari tahun lalu, menurut European Commission.

Harga minyak kedelai di Dalian Commodity Exchange naik 2.9% dan harga minyak sawit naik 4.4%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade naik 1.4%.

Analisa tehnikal untuk minyak sawit dengan support 3,720 ringgit dan berikut ke 3,650 ringgit sedangkan resistant pertama di 3,940 ringgit dan berikut ke 4,000 ringgit.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here