Rekomendasi Minyak 22 April 2021: Berhasil Naik dari Kerendahan Selama 1 Minggu

187

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) sempat mengalami tekanan jual yang berat untuk sesi ke dua berturut-turut pada hari Rabu kemarin yang membawa harga minyak mentah WTI ke bawah dari batas $61.00, sebelum akhirnya berhasil naik kembali ke atas $61.00 di sekitar $61.40.

Investor kelihatannya kuatri dengan meningkatnya kasus Covid – 19 di India, importir minyak mentah nomor tiga terbesar di dunia, dan di Jepang akan menurunkan prospek pemintaan bahan bakar.

Kekuatiran pasar ditambah lagi dengan pada hari Rabu kemarin, muncul laporan dari  American Petroleum Institute (API) yang menunjukkan penambahan persediaan minyak mentah dengan mengejutkan. Perkembangan buruk ini mengatasi tanda – tanda positip akan pemulihan permintaan di AS, Inggris dan Eropa yang pada gilirannya membebani harga minyak.

Tekanan turun bertambah dengan adanya laporan bahwa House Judiciary Committee AS telah meloloskan undang – undang yang akan membuat OPEC kena undang-undang antitrust terhadap pemangkasan produksi.

Harga minyak akhirnya berhasil berbalik naik dengan dolar AS yang semula menguat ditengah sentimen pasar yang buruk sepanjang perdagangan sesi Asia, tiba-tiba berbalik turun desentimen pasar membaik pada saat memasuki perdagangan sesi Eropa dan berlanjut sampai ke perdagangan sesi Amerika Serikat dengan naiknya S&P 500 berjangka.

Ekonomi AS terus bertumbuh dengan kecepatan yang cepat dan angka virus turun kembali setelah sempat ada gelombang mini sebelumnya. Hal ini mengakibatkan kenaikan dari saham dan penurunan dari dollar AS.

Terlepas dari potensi kenaikan saham, penurunan yields 10 tahun AS di bawah 1.60% menunjukkan kemungkinan besar dollar akan turun lagi.

“Support” terdekat menunggu di $61.13 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $59.87  dan kemudian $58.26. “Resistance” yang terdekat menunggu di $63.86 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $64.20 dan kemudian $65.04.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here