Harga Kakao Naik Karena Permintaan Coklat dari Asia Meningkat

344
still life of cocoa

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao pada penutupan pasar hari Kamis naik karena permintaan coklat naik menurut CEO dari Barry Callebaut, pabrik coklat terbesar di dunia pada hari Kamis karena peningkatan permintaan coklat di Asia terutama Cina dan juga di India.

Harga kakao Juli di ICE New York naik $3 (0.12%) menjadi $2,442 per ton dan harga kakao di ICE London naik 0.61%.

Harga kakao pada Senin lalu turun ke harga terendah 4 bulan di London, dan harga kakao di New York sempat turun ke harga terendah 5 bulan pada 9 April lalu. Melimpahnya hasil panen kakao di Afrika Barat membuat harga kakao turun. Petani di Ivory Coast dan Ghan mengatakan bahwa cuaca sangat baik untuk panen pertengahan tahun.

Persediaan kakao juga naik seperti yang dilaporkan oleh pemerintah Ivory Coast pada hari Senin bahwa total kumulatif kakao yang dikirim petani ke pelabuhan dari 1 Oktobr sampai 18 April naik 3.2% dari tahun lalu menjadi 1.91 MMT. Persediaan kakao yang diawasi ICE naik ke jumlah tertinggi 2 ¾ tahun pada hari Rabu.

Permintaan coklat di Uni Eropa berkurang karena Perancis, Italia dan Jerman meluaskan lockdown karena pandemi gelombang ke tiga.

Permintaan global mixed setelah the National Confectioners Association pada kuartal ke 1 di Amerika Utara kakao yang diproses naik 2.0% dari tahun lalu menjadi 117,956 MT dibawah perkiraan naik 2.5% dari tahun lalu. Juga dari European Cocoa Association melaporkan bahwa kakao yang di giling di kuartal 1 di Eropa turun 3 % dari tahun lalu ke jumlah terendah 4 tahun menjadi 357,815 MT, penurunan terbesar diluar perkiraan turun 2% dari tahun lalu. Jumlah kakao yang digiling di Asia pada kuartal 1 naik 3.1% dari tahun lalu menjadi 213,858 diatas perkiraan naik 0.3% dari tahun lalu.

Citigroup pada 6 April lalu menurunkan perkiraaan pasar kakao menjadi surplus 150,000 MT dari perkiraan sebelumnya 275,000 MT.

Analisa tehnikal untuk kakao dengan support pertama di $2,420 kemudian ke $2,400 sedangkan resistant pertama di $2,445 kemudian ke $2,470.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here