Bursa Eropa Dominan Positif Merespon Keputusan The Fed

312
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa sebagian besar menguat pada hari Kamis (29/04) merespon keputusan Federal Reserve AS untuk menahan suku bunga mendekati nol dan mencerna putaran baru pendapatan perusahaan.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,3% pada sore hari, dengan telekomunikasi dan bank naik 1,4% untuk memimpin kenaikan sementara otomotif turun 2%.

Terpantau Indeks FTSE menguat 0,56%. Indeks DAX turun -0,4%. Indeks CAC naik 0,38%.

Ini adalah hari yang sibuk untuk pasar Eropa, dengan Total, Shell, dan Airbus di antara perusahaan yang melaporkan pendapatan sebelum bel.

Shell sedikit melampaui ekspektasi laba kuartal pertama untuk mencatat pendapatan yang disesuaikan sebesar $ 3,2 miliar dan menaikkan dividennya sekitar 4%, mengirimkan saham utama minyak itu 1,1% lebih tinggi.

Total Prancis juga melihat sahamnya naik 1,1% setelah keuntungan melonjak ke tingkat sebelum pandemi didukung oleh harga komoditas yang lebih kuat.

Airbus juga sedikit mengalahkan ekspektasi dalam hasil kuartal pertamanya, dengan pembuat pesawat terbesar di dunia melaporkan arus kas bebas yang sangat kuat sebesar 1,26 miliar euro ($ 1,53 miliar). Saham Airbus naik 2,1%.

Linea Directa Spanyol, sebelumnya unit asuransi Bankinter, melonjak lebih dari 31% dalam debut pasarnya di Madrid pada hari Kamis untuk memimpin Stoxx 600.

Raksasa telekomunikasi Finlandia, Nokia, melonjak 16% setelah mengalahkan ekspektasi pendapatan dan laba kuartal pertama di belakang jaringan yang kuat dan penjualan 5G.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, pemasok pipa baja Italia Tenaris turun lebih dari 7% setelah meleset dari ekspektasi laba inti kuartal pertama.

Fokus pasar telah didominasi oleh bank sentral AS dan laporan pendapatan minggu ini. Pada akhir pertemuan kebijakan dua hari pada hari Rabu, Federal Reserve mengatakan akan mempertahankan suku bunga mendekati nol.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pemulihan tidak merata dan jauh dari selesai. Powell menambahkan, masih belum saatnya membahas pengurangan akomodasi kebijakan, termasuk pembelian aset.

Kamis adalah hari tersibuk di musim pendapatan AS, dengan sekitar 11% dari S&P 500 dijadwalkan untuk memberikan pembaruan triwulanan. Caterpillar, McDonald’s, Comcast dan Merck adalah di antara saham-saham sebelum pasar dibuka, sedangkan Amazon dan Twitter akan memposting hasil kuartalan setelah pasar tutup.

Saham di Asia-Pasifik sebagian besar naik pada hari Kamis karena investor bereaksi terhadap keputusan Federal Reserve AS untuk mempertahankan kebijakan moneternya yang longgar.

Di sisi data, sentimen ekonomi zona euro melonjak pada bulan April, dengan survei bulanan Komisi Eropa menunjukkan optimisme naik menjadi 110,3 poin dibandingkan dengan 100,9 pada bulan Maret, jauh melampaui perkiraan dalam jajak pendapat Reuters.

Investor juga akan mengawasi sekumpulan data inflasi Jerman baru, yang terlihat melebihi target Bank Sentral Eropa mendekati, tetapi di bawah, 2% untuk bulan kedua berturut-turut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak sebagian besar positif setelah keputusan Federal Reserve AS yang mempertahankan kebijakan suku bunga dan moneternya tidak berubah. Laporan pendapatan perusahaan yang sebagian besar positif juga memberikan dukungan bagi pasar saham Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here