Bursa Eropa Awal Mei Bergerak Positif

161
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa naik pada hari Senin (03/05) pada hari perdagangan pertama bulan Mei.

Indeks DAX Jerman dan CAC 40 Prancis masing-masing diperdagangkan 0,7% dan 0,5% lebih tinggi, sementara FTSE MIB Italia diperdagangkan 1,2% lebih tinggi. sedangkan indeks Inggris ditutup untuk hari libur umum.

Saham Lufthansa diperdagangkan 2,6% lebih tinggi, menjadikannya salah satu yang berkinerja terbaik di indeks Stoxx 600, setelah maskapai penerbangan Jerman itu mengatakan akan menawarkan penerbangan ke lebih dari 100 tujuan liburan. Sementara itu, saham Siemens Healthineers naik 1,6% setelah perusahaan teknologi kesehatan Jerman itu menaikkan penjualan setahun penuh dan perkiraan laba pada hari Senin. Banco de Sabadell adalah pemain terbaik di indeks Stoxx 600, naik 5%.

Di sisi data, penjualan ritel Jerman membukukan peningkatan terbesar tahun ke tahun di bulan Maret sejak dimulainya pandemi Covid.

Awal yang baik untuk hari perdagangan di Eropa mengikuti tren positif serupa di tempat lain; Saham berjangka AS bergerak lebih tinggi dalam perdagangan pagi hari Senin karena investor bersiap untuk hari perdagangan pertama bulan Mei. Dow berjangka naik 210 poin. S&P 500 berjangka naik 0,5% dan Nasdaq 100 berjangka bertambah 0,3% .

Meskipun pasar saham melemah pada hari Jumat, S&P 500 mencatat kenaikan bulan ketiga berturut-turut pada bulan April, menambahkan lebih dari 5% ke indeks karena investor bertaruh pada pemulihan ekonomi dan keuntungan yang besar dari pandemi.

Sementara itu, saham di Asia Pasifik tergelincir pada perdagangan Senin, dengan pasar utama di China, Thailand dan Jepang tutup untuk hari libur.

Investor di Asia-Pasifik terus memantau situasi Covid di India saat negara itu terus memerangi gelombang infeksi kedua yang mematikan. Selama akhir pekan, lebih dari 400.000 kasus baru setiap hari didaftarkan untuk pertama kalinya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa untuk selanjutnya bergerak naik di awal bulan Mei mengikuti kenaikan bursa saham AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here