Harga Minyak Naik Terdorong Peningkatan Permintaan

362

(Vibiznews – Commodity) Harga Minyak naik pada hari Senin (03/05) karena optimisme atas rebound permintaan yang kuat di negara-negara termasuk Amerika Serikat mengatasi kekhawatiran tentang lonjakan kasus virus corona India dan pasokan minyak OPEC + yang lebih tinggi.

India pada hari Senin melaporkan lebih dari 300.000 kasus virus corona baru selama 12 hari berturut-turut. Gelombang baru virus telah menyebabkan penurunan penjualan bahan bakar di konsumen terbesar ketiga dunia pada bulan April.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate menambahkan 67 sen, atau 1%, menjadi $ 64,26.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 66 sen, atau 1% menjadi $ 67,42 per barel.

Brent telah menguat hampir 30% tahun ini, pulih dari posisi terendah bersejarah tahun lalu berkat rekor pemotongan pasokan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama dikenal sebagai OPEC +.

Namun, pasokan yang lebih tinggi membatasi perolehan minyak. OPEC + memutuskan pekan lalu untuk tetap berpegang pada rencana untuk meningkatkan pasokan sedikit dari 1 Mei dan produksi OPEC naik pada bulan April, dipimpin oleh dorongan dari Iran, sebuah survei Reuters menemukan.

Dalam perkembangan lain yang dapat memungkinkan peningkatan lebih lanjut untuk pasokan Iran, Teheran dan kekuatan dunia mengadakan pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015.

Kepala negosiator nuklir Iran pada hari Sabtu mengatakan bahwa Teheran memperkirakan sanksi AS terhadap minyak, bank, dan sebagian besar individu serta institusi akan dicabut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak bergerak naik terdukung peningkatan permintaan di AS mengatasi kekhawatiran lonjakan virus corona di India. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 65,17-$ 65,61. Namun jika turun, harga emas akan bergerak dalam kisaran Support $ 64,14-$ 63,71.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here