Pertumbuhan Manufaktur AS Bulan April Melambat

207
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan aktivitas manufaktur AS melambat di bulan April, menurut laporan yang dirilis oleh Institute for Supply Management pada hari Senin (03/05).

ISM PMI manufaktur turun ke 60,7 pada April setelah melompat ke level tertinggi lebih dari 37 tahun di 64,7 pada Maret.

Sementara pembacaan di atas 50 masih mengindikasikan pertumbuhan dalam aktivitas manufaktur, para ekonom memperkirakan indeks naik tipis ke 65,0.

ISM menyatakan ketidakhadiran pekerja, penutupan jangka pendek karena kekurangan suku cadang, dan kesulitan dalam mengisi posisi terbuka terus menjadi masalah yang membatasi potensi pertumbuhan manufaktur.

Kemunduran tak terduga oleh indeks utama terjadi karena indeks produksi jatuh ke 62,5 di bulan April dari 68,1 di bulan Maret dan indeks pesanan baru turun ke 64,3 dari 68,0.

Indeks ketenagakerjaan juga merosot ke 55,1 di bulan April dari 59,6 di bulan Maret, menunjukkan perlambatan laju pertumbuhan pekerjaan di sektor manufaktur.

Sementara itu, laporan tersebut menunjukkan indeks harga melonjak ke 89,6 di bulan April dari 85,6 di bulan Maret, mencapai level tertinggi sejak Juli 2008.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here