Reksa Dana Pasar Uang Jadi Reksa Dana Paling Moncer Dalam Sepekan Ini

175

(Vibiznews – Bonds & Mutual Fund) – Perkembangan reksa dana dalam sepekan menunjukkan bahwa mayoritas jenis reksa dana mencatatkan penurunan tipis sepanjang pekan lalu seiring dengan kekhawatiran pasar terkait penyebaran virus corona di dunia.

Mari kita simak kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan kemarin kembali berada berada di zona merah. Dalam kurun waktu tersebut, tercatat, IHSG turun 0,35%, tentu saja hal ini berpengaruh terhadap kinerja reksa dana.

Berdasarkan data Infovesta Utama, pada penutupan periode 22—30 April 2021 tiga jenis reksa dana membukukan imbal hasil yang negatif. Reksa dana campuran memimpin dengan imbal hasil -0,14 persen secara mingguan. Kemudian, imbal hasil reksa dana pendapatan tetap juga tercatat turun 0,10 persen. Tak dapat dipungkiri, kinerja negatif IHSG turut membuat kinerja reksadana berbasis saham juga mencatatkan penurunan mingguan sebesar 0,09 persen.

Berbeda dengan IHSG, pasar obligasi justru berhasil mencatatkan kinerja positif setelah Indeks Infovesta Government Bond naik tipis 0,05% dan Infovesta Corporate Bond naik tipis 0,07%. Sementara itu satu-satunya reksa dana yang mencatatkan kenaikan positif selama sepekan belakangan adalah reksa dana pasar uang tercatat berhasil mencatatkan kenaikan 0,06%, sekaligus menjadi reksadana dengan kinerja paling moncer dalam sepekan kemarin.

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara year to date hingga 30 April 2021. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Pinnacle Indonesia Sharia Equity Fund sebesar 10,31%

Lalu reksadana campuran yang tertinggi dipegang oleh Jarvis Balanced Fund dengan tumbuh sebesar 34,98%. Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Mandiri Obligasi Utama sebesar 0,96%. Sedangkan untuk reksadana pasar uang, Insight Money yang tertinggi dengan return sebesar 2,02%.

Selanjutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah Avrist ETF Fixed Rate Bond I sebesar -0,16%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Manulife USD Fixed Income Kelas A sebesar -0,79%.

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here