Rekomendasi EUR/USD 4 Mei 2021: Naik dengan Melemahnya USD

1148

(Vibiznews – Forex) EUR/USD diperdagangkan di atas 1.2050 disekitar 1.2058, naik dari level terendahnya dengan dollar AS terseret turun oleh karena jatuhnya yields treasury AS. Euro juga mendapatkan keuntungan dari niat Uni Eropa untuk melonggarkan restriksi travel ditengah kemajuan vaksin. Kenaikan EUR/USD bertambah dengan sedikit melambatnya momentum di sektor manufaktur, menurut data terbaru dari Institute for Supply Management (ISM).

ISM mengatakan indeks manufaktur menunjukkan angka di 60.7% untuk bulan April, turun dari angka bulan Maret di 64.7%. Angka ini meleset daripada yang diperkirakan sebesar 65.0%.

Pasangan matauang EUR/USD ini mengalamai penurunan pada bulan Maret, lalu berbalik naik pada bulan April, akankah turun lagi pada bulan Mei?

Euro mendapatkan keuntungan dari percepatan imunisasi dimana Eropa mempercepat kampanye vaksinnya dan matauang Bersama Eropa mengalami kenaikan karena perkembangan ini.

Namun, kesenjangan ekonomi melebar dan bisa membebani euro/dollar dengan berat.

Ekonomi Amerika bertumbuh dengan kecepatan 6.4% pertahun di dalam tiga bulan pertama dari 2021, kurang lebih sama dengan 1.6% per kuartal.

Dari Eropa, optimisme mengenai pemulihan zona euro sebagaimana yang terefleksi dari rilis PMI manufaktur final oleh market kebanyakan telah masuk dalam perhitungan harga.

Apakah inflasi di AS sedang datang? Treasury Secretary Janet Yellen menolak keprihatinan investor bahwa rencana belanja Biden akan bisa memicu kenaikan harga dengan cepat. Dia menggemakan perkataan Jerome Powell, yang sedang berusaha habis-habisan untuk menjelaskan kenapa inflasi AS sekarang ini hanya bersifat transitory.

Namun, koleganya Robert Kaplan, Presiden dari the Fed Dallas menginginkan agar bank sentral AS mengurangi skema pembelian obligasi dari the Fed segera.

Secara keseluruhan euro/dollar memiliki fundamental untuk turun.

“Support” terdekat menunggu di 1.1990 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1950 dan kemudian 1.1930.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.2080 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2117 dan kemudian 1.2150.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here