Rekomendasi EUR/USD 5 Mei 2021: Jangka Pendek Masih Akan Tertekan

941

(Vibiznews – Forex) EUR/USD diperdagangkan turun ke arah 1.20 di sekitar 1.2016, dengan dollar AS mengalami kenaikan. Kepala the Fed Powell menggambarkan pemulihan yang terjadi sebagai penuh rintangan dan kekuatiran akan virus juga membebani investor.

Pada musim semi ini, Eropa mulai membuka diri kepada para travellers. Meskipun demikian, berita bagus ini yang datang dari Brusel tidak cukup untuk menolong euro pulih menghadapi kenaikan dollar AS. Kampanye vaksin di Eropa sedang meningkat kecepatannya, namun hal ini kelihatannya sudah diperhitungkan di dalam harga.

Pasar kelihatannya fokus terhadap beberapa komentar yang meyakinkan dari Jerome Powell, kepala Federal Reserve. Meskipun mengakui pemulihan ekonomi AS sedang berlangsung, Powell menggambarkan kenaikan ini sebagai penuh rintangan dan menekankan bahwa pengangguran diantara mereka yang berpenghasilan kurang masih tinggi.

Pandangan bahwa pemulihan ekonomi AS adalah tidak mulus datang dari Indeks PMI manufaktur dari ISM untuk bulan April. Setelah menyentuh ketinggian selama bertahun – tahun di bulan Maret, ukuran kedepan ini turun dari ke 64.7 ke 60.7. Perincian dari laporan menunjuk kepada isu dari rantai supply dan naiknya harga barang-barang.

Pulihnya ekonomi dari pandemic bisa jadi terlalu cepat untuk ditangani dan mungkin akan melemah. Kekuatiran ini membebani sentimen pasar dan mendorong naik dollar AS yang safe – haven. Apakah hal ini akan berlangsung terus?

Secara keseluruhan, “bottleneck supply” seharusnya bisa diatasi dan juga demikian isu mengenai virus. Sementara dunia sedang mengikuti perkembangan di India dengan ketakutan, Amerika sedang bersiap meluaskan skema vaksinnya terhadap para remaja dan bisa jadi sudah memberikan kontribusi lebih banyak dosis kepada negara lain. Meskipun demikian, dalam jangka pendek, berbagai isu kemungkinan akan menyebabkan kekuatiran dan bisa mendorong naik dollar AS.

“Support” terdekat menunggu di 1.1990 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1945 dan kemudian 1.1920.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.2075 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2117 dan kemudian 1.2150.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here