BOE Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Inggris 2021 pada 7,25 Persen

298

(Vibiznews – Economy & Business) Bank of England pada hari Kamis mengatakan ekonomi Inggris berada di jalur untuk pemulihan ekonomi yang lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya, didukung oleh kampanye vaksinasi Covid-19 yang relatif cepat di negara itu.

Bank sentral memperkirakan pada bulan Februari bahwa ekonomi terbesar kelima di dunia akan tumbuh sebesar 5% tahun ini, menyusul kontraksi 10% pada tahun 2020 – kinerja tahunan terburuk dalam lebih dari tiga abad.

Kemerosotan ekonomi Inggris tahun lalu lebih parah jika dibandingkan dengan sebagian besar ekonomi Eropa lainnya, sebagian karena langkah yang lebih lambat untuk menerapkan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang ketat untuk mengekang penyebaran virus corona.

BOE sekarang telah meningkatkan prospek pertumbuhan 2021 menjadi 7,25%, sedikit di atas ekspektasi analis.

Perkiraan ekonomi yang lebih cerah datang ketika negara itu secara bertahap keluar dari lockdown dan lebih banyak orang yang divaksinasi terkait Covid-19.

Data terbaru pemerintah menunjukkan lebih dari 50,6 juta suntikan Covid telah diberikan di Inggris sejauh ini, dengan hampir 35 juta dosis pertama dan 15,8 juta dosis kedua telah diberikan.

Komite Kebijakan Moneter BOE pada hari Kamis memutuskan dengan suara bulat untuk mempertahankan suku bunga stabil dan mempertahankan program pelonggaran kuantitatif pada level saat ini karena Inggris berusaha untuk pulih dari krisis virus corona yang sedang berlangsung.

Ini berarti suku bunga pinjaman utama bank sentral tetap pada titik terendah sepanjang masa sebesar 0,1% dan target saham pembelian aset tidak berubah pada £ 895 miliar ($ 1,2 triliun).

Investor terlihat optimis dengan prospek ekonomi Inggris yang membaik. FTSE 100 Inggris naik 1,8% di sesi sebelumnya untuk mencatatkan kinerja harian terbaiknya sejak pertengahan Februari. Indeks saham terakhir terlihat diperdagangkan sekitar 0,1% lebih tinggi pada hari Kamis.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here