Hang Seng 6 Mei Rebound, Gain Dibatasi Ketegangan Cina dan Negara Barat

204
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Hong Kong menguat pada perdagangan hari Kamis (6/5/2021), dengan indeks Hang Seng rebound dari kisaran terendah 1 bulan lebih. Rebound saham mengikuti sentimen perdagangan bursa Wall Street dan Eropa yang positif meskipun pasar saham Cina daratan turun setelah liburan panjang.

Namun ketegangan antara China dan negara-negara barat lainnya membebani perdagangan saham. Uni Eropa pada hari Rabu mengambil langkah-langkah untuk berjaga-jaga terhadap persaingan ekonomi dari China yang dianggap tidak adil, sebuah tanda meningkatnya ketidakpercayaan setelah sanksi Barat atas pelanggaran hak asasi dan pembalasan Cina.

Selain itu Cina tanpa batas pada hari Kamis menangguhkan semua aktivitas di bawah Dialog Ekonomi Strategis China-Australia, menjadi pemicu kemunduran terbaru untuk hubungan kedua negara yang tegang.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Indeks harian Hang Seng ditutup naik 219,48 poin atau 0,77% lebih tinggi menjadi 28.637,46.  Demikian untuk indeks saham Cina Enterprise (HSCE) dengan 60 saham unggulan berakhir naik 0,32% menjadi 10.756,37.  Untuk indeks Hang Seng berjangka bulan April 2021  bergerak positif dengan menguat 223 poin atau 0,79%  ke posisi 28524.

Mayoritas sektoral ditutup menguat, dengan penguatan saham dipimpin oleh sektor energi dan keuangan yang menguat 2,36% dan 0,80% masing-masing. Kekuatan sektor energi di-support oleh saham CNOOC menguat 2.37%, saham China Shenhua Energy melonjak 3.03% dan saham PetroChina dengan penguatan 2.02%.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here