Klaim Pengangguran AS Turun Melebihi Perkiraan

412
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran menurun minggu lalu karena pemulihan pasar tenaga kerja meningkat di tengah penguatan ekonomi, yang dipicu oleh situasi kesehatan masyarakat yang membaik dengan cepat dan stimulus keuangan besar-besaran pemerintah AS.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara berjumlah 498.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 1 Mei dibandingkan dengan 590.000 pada minggu sebelumnya, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Kamis (06/05). Itu adalah level terendah sejak pertengahan Maret 2020, ketika penutupan wajib bisnis yang tidak penting diberlakukan untuk memperlambat gelombang pertama infeksi COVID-19.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 540.000 aplikasi di minggu terakhir.

Pemerintah telah memberikan bantuan pandemi hampir $ 6 triliun selama setahun terakhir. Orang Amerika yang berusia di atas 16 tahun sekarang memenuhi syarat untuk menerima vaksin COVID-19, negara bagian seperti New York, New Jersey dan Connecticut untuk mencabut sebagian besar pembatasan kapasitas pada bisnis.

Laporan pada hari Rabu menunjukkan majikan swasta mempekerjakan paling banyak pekerja dalam tujuh bulan pada bulan April, sementara ukuran pekerjaan industri jasa naik ke level tertinggi lebih dari 2-1 / 2 tahun. Persepsi konsumen tentang pasar tenaga kerja adalah yang terkuat dalam 13 bulan.

Kekuatan pasar tenaga kerja diperkuat oleh laporan terpisah pada hari Kamis dari perusahaan penempatan global Challenger, Gray & Christmas yang menunjukkan PHK yang diumumkan oleh pengusaha yang berbasis di AS turun 25% pada bulan April menjadi 22.913, paling sedikit sejak Juni 2000.

PHK yang direncanakan sejauh tahun ini turun 84% dari periode yang sama pada tahun 2020.

Menurut survei Reuters terhadap ekonom, nonfarm payrolls kemungkinan naik 978.000 pekerjaan bulan lalu setelah naik 916.000 di bulan Maret. Itu akan meninggalkan lapangan kerja sekitar 7,4 juta di bawah puncaknya pada Februari 2020.

Perkiraan berkisar dari yang terendah 656.000 hingga setinggi 2,1 juta pekerjaan. Departemen Tenaga Kerja akan menerbitkan laporan ketenagakerjaan April pada hari Jumat.

Klaim pengangguran telah turun dari rekor 6,149 juta pada awal April 2020. Namun, klaim tersebut jauh di atas kisaran 200.000 hingga 250.000 yang dipandang konsisten dengan pasar tenaga kerja yang sehat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here