Pasar Global Mencermati Data Tenaga Kerja AS – Market Mover 6 Mei 2021 by Asido Situmorang

282

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global pekan ini menantikan data penting yaitu data tenaga kerja Amerika Serikat.

Pada Kamis malam ini akan dirilis data klaim pengangguran AS yang diindikasikan menurun.
Pada Jumat malam juga akan dirilis data Tingkat pengangguran AS bulan April yang diindikasikan menurun.
Pada Jumat malam juga akan dirilis data tenaga kerja yang dicermati pasar global yaitu Non Farm Payrolls bulan April yang diindikasikan meningkat.
Dengan indikasi klaim pengangguran menurun dan tingkat pengangguran menurun, dan meningkatnya Non Farm Payrolls, memberikan sentimen positif bagi pasar tenaga kerja AS yang dapat mendukung ekonomi AS.

Bagaimanakah pengaruh hasil data tenaga kerja AS bagi pasar perdagangan global?

Dari pasar Forex, dolar AS yang dipengaruhi pergerakan imbal hasil Treasury AS juga akan mencermati data tenaga kerja AS. Jika data klaim pengangguran AS dan tingkat pengangguran AS terealisir menurun dan data Non Farm Payrolls AS terealisir meningkat, akan menguatkan imbal hasil Treasury AS dan mendukung kenaikan dolar AS. Dengan penguatan dolar AS dapat menekan mata uang rivalnya seperti Euro dan Poundsterling.

Dari pasar Index, dengan harapan membaiknya data tenaga kerja AS, bursa saham Asia hari ini bergerak positif terdukung harapan penguatan ekonomi AS dan global. Pasar saham Eropa dan pasar saham AS juga diperkirakan meningkat dengan harapan membaiknya data Non Farm Payrolls AS.

Dari pasar Komoditas, jika data tenaga kerja AS terealisir membaik akan mengangkat imbal hasil Treasury AS dan dolar AS, dengan demikian menekan harga emas. Sedangkan harga minyak bergerak naik terbantu penurunan pasokan mingguan minyak mentah AS, namun jika dolar AS terus menguat akan dapat menekan harga minyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here