Bursa Eropa Berakhir Naik Merespon Laporan Pendapatan Perusahaan

429
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Jumat (07/05) dengan investor mencerna laporan pendapatan kuartalan dan data ekonomi.

Indeks Stoxx 600 Eropa berakhir naik 0,8%, dengan saham teknologi naik 2,1% untuk memimpin kenaikan karena sebagian besar sektor dan bursa utama bertahan di wilayah positif.

Indeks FTSE berakhir naik 0,75%. Indeks DAX ditutup melonjak 1,34%. Indeks CAC berakhir menguat 0,45%.

Di Wall Street, saham lebih tinggi pada pembukaan Jumat setelah kehilangan besar pada laporan pekerjaan April, dengan investor memperkirakan ini akan menahan potensi pelepasan stimulus moneter untuk beberapa waktu.

Departemen Tenaga Kerja mengatakan ekonomi AS hanya menambahkan 266.000 pekerjaan pada bulan April, jauh lebih sedikit dari yang diperkirakan oleh 1 juta penggajian. Tingkat pengangguran naik menjadi 6,1%, lebih tinggi dari yang diperkirakan, di tengah meningkatnya kekurangan pekerja yang tersedia.

Laporan tersebut meleset dari perkiraan karena Federal Reserve menilai kekuatan pemulihan pasar tenaga kerja dalam memetakan arahnya untuk kebijakan moneter.

Kembali ke Eropa, ekspor Jerman tumbuh 1,2% pada bulan Maret menjadi 11 bulan berturut-turut ekspansi, data baru dari Kantor Statistik negara mengungkapkan Jumat, sementara produksi industri di ekonomi terbesar Eropa tumbuh 2,5% bulan ke bulan. Produksi industri Prancis tumbuh 0,8% di bulan Maret.

Dalam berita virus corona, orang di bawah usia 40 tahun di Inggris akan ditawari alternatif vaksin Oxford-AstraZeneca di tengah kekhawatiran terkait dengan pembekuan darah langka. Secara terpisah pada hari Jumat, komite keamanan European Medicines Agency mengatakan sedang menganalisis data pada kasus gangguan langka yang mempengaruhi sistem saraf setelah inokulasi dengan vaksin AstraZeneca.

Itu adalah hari sibuk lainnya untuk pendapatan di Eropa dengan Adidas, BMW, Siemens dan Credit Agricole di antara blue chip utama yang melaporkan sebelum bel.

Siemens menaikkan laba setahun penuh dan panduan penjualan pada hari Jumat untuk kedua kalinya tahun ini karena perusahaan pulih tajam dari penurunan yang disebabkan pandemi. Saham konglomerat industri naik 2,1%.

Adidas juga menaikkan prospek penjualannya dan melaporkan laba bersih 502 juta euro untuk kuartal pertama tahun ini, naik dari 26 juta euro pada 2020. Saham merek pakaian olahraga Jerman melonjak 8,4%.

Pada puncak indeks Stoxx 600, perusahaan kedirgantaraan Inggris Meggitt melonjak 8,3% karena laporan kemungkinan pengambilalihan.

BMW mengkonfirmasi target laba setahun penuhnya tetapi memperingatkan bahwa mungkin ada volatilitas di masa depan karena kenaikan biaya bahan baku dan gangguan pasokan. Saham BMW sedikit lebih tinggi pada hari Jumat.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan bensin Prancis Rubis turun 6,1% setelah pendapatan kuartal pertama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif mengikuti kenaikan bursa Wall Street. Namun juga akan mencermati laporan pendapatan perusahaan, yang jika memberikan hasil positif akan mendukung kenaikan bursa Eropa dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here