Hang Seng 7 Mei Terkoreksi Anjloknya Saham Teknologi

158
indeks hang seng

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Hong Kong tergelincir pada perdagangan hari Jumat (6/5/2021) yang terbebani oleh anjloknya saham perusahaan teknologi yang sensitif terhadap ketegangan antara China dan Barat.  Indeks Hang Seng juga melemah secara mingguan melanjutkan penurunan pekan sebelumnya, turun  0,40%.

Ketegangan antara China dan negara-negara barat lainnya membebani perdagangan saham teknologi. Uni Eropa pada hari Rabu mengambil langkah-langkah untuk berjaga-jaga terhadap persaingan ekonomi dari China yang dianggap tidak adil, sebuah tanda meningkatnya ketidakpercayaan setelah sanksi Barat atas pelanggaran hak asasi dan pembalasan Cina.

Selain itu Cina memperpanjang kinerja perdagangannya yang mengesankan pada bulan April, dengan ekspor yang tiba-tiba mengalami percepatan dan pertumbuhan impor mencapai tertinggi satu dekade, sebagai pendorong bagi ekonomi terbesar kedua di dunia.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Indeks harian Hang Seng ditutup turun 26,81 poin atau 0,09% menjadi 28.610,65. Demikian untuk indeks saham Cina Enterprise (HSCE) dengan 60 saham unggulan berakhir turun 0,53% menjadi 10.699. Untuk indeks Hang Seng berjangka bulan April 2021  bergerak negatif dengan melemah 7 poin atau 0,02%  ke posisi 28517.

Secara sektoral bergerak mixed dengan penguatan dipimpin oleh saham  sektor energi dan keuangan yang menguat 1,16% dan 0,60% masing-masing. Pelemahan dipimpin oleh sektor teknologi dan healthcare dengan saham Sunny Optical Technology Group Co Ltd anjlok 8.05% dan saham Semiconductor Manufacturing International Corp anjlok 3,40%.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here