Harga Mingguan Karet Tocom Melonjak 4,3%, Lebih Kuat dari SHFE dan Sicom

818
Kementan RI Photo

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan karet di bursa komoditas internasional akhir pekan pada  hari Jumat (7/5/2021) bergerak mixed dengan gain di bursa SHFE dan Sicom. Harga karet Tocom koreksi dari posisi tertinggi 1,5 bulan oleh profit taking setelah rally selama 4 sesi berturut.

Harga karet Sicom naik ke posisi tertinggi 6 pekan dan SHFE naik ke posisi tertinggi 5 pekan. Untuk pergerakan harga secara mingguan, harga karet Tocom alami lonjakan hingga naik 4,33%, karet Sicom menguat 3,6% dan karet SHFE melonjak 3,7%.

Sentimen positif pergerakan kuat harga karet merespon kuatnya data ekonomi AS dan juga Cina sebagai negara konsumen terbesar. Hari ini saja Cina melaporkan impornya melonjak ke posisi terbesar dalam 1 dekade, memberikan harapan meningkatnya demand global. Pelemahan harga karet Tocom dipicu oleh penguatan yen Jepang terhadap dolar AS pada perdagangan asesi Asia.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Harga penutupan karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Agustus 2021 pada penutupan sore hari ini turun 2,4 yen atau 0,93%  ke posisi 255,5 yen per kg, setelah dibuka pada posisi 258.0 yen.

Untuk harga karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan September 2021 ditutup menguat 150 poin atau 1,1%  ke posisi 14445 yuan.  Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juli 2021 naik  US$1,8 atau 1,04% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 174,2.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here