Rekomendasi EUR/USD 7 Mei 2021: Berpotensi Naik Lebih Lanjut?

1527
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) EUR/USD bertahan pada keuntungan harian yang telah diperoleh sebelumnya di area 1.2050 setelah keluarnya data yang berhubungan dengan employment AS yang lebih baik daripada yang diperkirakan. Initial Jobless Claims turun ke 498.000 pada minggu yang berakhir tanggal 30 April.

Pasar kelihatannya telah melupakan komentar dari Janet Yellen mengenaik potensi naiknya tingkat bunga. Bagi dollar AS yang safe-haven hal ini berarti penurunan. Investor sekarang sedang memfokuskan diri kembali kepada pesan dari para pejabat Federal Reserve yang tetap berpegang kepada pesan bahwa inflasi saat ini bersifat transitory dan perjalanan untuk pemulihan ekonomi masih panjang.

Data menunjukkan kekurangan pekerja yang ahli dan bottleneck di dalam rantai supply itulah yang menyebabkan kenaikan harga. Kalau itu adalah isu supply dan bukannya isu demand, maka itu adalah persoalan yang baik yang tidak menjadi masalah.

Ketidak seimbangan antara supply dan demand bisa memberikan hasil yang lain, yaitu berkurangnya produksi dan bukannya naiknya harga barang. Jika ekonomi melakukan penyesuaian dengan menjadi melambat, hal ini berarti the Fed akan tetap bisa melanjutkan membeli obligasi pada nilai $120 miliar/bulan lebih lama lagi. Dan akibatnya dollar AS memilikir ruang untuk turun.

Bukti terbaru dari perlambatan seperti diatas datang dari PMI Jasa yang dikeluarkan oleh ISM, yang jatuh ke 60.7 pada bulan April, dibawah dari yang diperkirakan. Angka dari sektor terbesar di AS ini menunjukkan ekspansi yang kuat namun belum dapat dikatakan “overheating”. Demikian juga laporan dari pasar tenaga kerja sektor swasta ADP menunjukkan angka yang di bawah daripada yang diperkirakan.

Proses imunisasi di Eropa saat ini juga bergerak dengan kecepatan yang lebih baik daripada di AS. Sudah sekitar 30% dari populasi di Eropa telah menerima satu kali suntikan vaksin. Amerika Serikat masih di atas dengan 45%, namun kesenjangan telah berkurang.

Secara keseluruhan, fundamental menunjukkan kemungkinan kenaikan lebih lanjut bagi pasangan matauang ini.

“Support” terdekat menunggu di 1.2025 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1990 dan kemudian 1.1945.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.2080 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2120 dan kemudian 1.2150.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here