Rekomendasi Emas 12 Mei 21: Aksi Ambil Untung Tekan Harga Emas

2545

(Vibiznews – Forex) Harga emas turun dan menyentuh kerendahan harian pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa. Metal berharga ini mengalami tekanan aksi ambil untung yang rutin dari para traders futures jangka pendek setelah mengalami keuntungan yang besar yang mendorong harga emas naik ke ketinggian beberapa minggu. Emas berjangka kontrak bulan Juni turun $2.90 ke $1,835.00 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Juli turun $0.157 ke $27.33 per ons.

Pasar saham global kebanyakan melemah dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai, dipimpin oleh saham-saham di sektor tehnologi. Sejauh ini kelihatannya penurunan harga saham-saham AS hanya disebabkan oleh tekanan aksi ambil untung yang rutin setelah indeks saham AS ini mengalami tren naik yang tinggi.

Sebagian analis pasar menyalahkan kekuatiran mengenai problem inflasi menyebabkan terjadinya tarikan turun di pasar saham minggu ini. Ketakutan akan naiknya inflasi tetap mendominasi, dengan harga-harga komoditi terus naik dan setelah Cina melaporkan lompatan di dalam harga produsen bulan April sebesar 6.8% per tahun, lebih tinggi daripada yang diprediksikan dan naik dari bulan Maret di 4.4%. Sementara Consumer Price Index (CPI) naik 0.9% per tahun di bulan April, dibandingkan dengan 0.4% di bulan Maret, dengan terus membaiknya permintaan. Sekitar 100 pabrik baja Cina telah menaikkan harga mereka. Kenaikan harga baja ini mengancam industri-industri selanjutnya yang memakai baja sebagai bahan mentah mereka.

“Support” terdekat menunggu di $1,818 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian $1,775. “Resistance” terdekat menunggu di $1,844 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,851 dan kemudian $1,881.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here