Pada Penutupan Pasar Hari Rabu, Harga Kakao Naik, Harga Gula dan Kopi Turun

241

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk Soft Commodities pada Rabu 12 Mei 2021, Harga Soft Commodities mixed , harga kopi Arabika turun dari harga tertinggi 4 ¼ tahun , harga kopi Robusta turun dari harga tertinggi 8 bulan, harga gula turun harga tertinggi 2 ½ bulan dan harga kakao naik karena kekurangan air, sehingga kapasitas hydropower dikurangi, listrik berkurang menyebabkan pabrik kakao kapasitasnya jadi 50%.

Inilah penutupan pasar pada hari Rabu untuk soft commodities :
Kopi
Harga kopi Arabika di ICE New York turun $3.60 (2.40%) menjadi $146.50 dan harga kopi Robusta Juli di ICE London turun 1.17%.

Harga kopi pada penutupan pasar hari Rabu kembali turun karena tekanan likuidasi. Harga kopi Arabika turun dari harga tertinggi 4 ¼ tahun dan harga kopi Robusta turun dari harga tertinggi 8 bulan. Rekor harga tertinggi terjadi karena kekeringan terjadi di Brazil sehingga mengganggu pertumbuhan dari tanaman kopi dan mengurangi hasil panen.

Gula
Harga gula Juli di ICE New York turun 26 sen (1.44%) menjadi $17.84 dan harga gula Agustus di ICE London turun 1.81%.

Harga gula pada penutupan pasar hari Rabu turun karena likuidasi sehingga menghentikan kenaikan pada minggu ini, harga gula turun dari harga tertinggi 2 ½ bulan pada hari Selasa di New York dan turun dari harga tertinggi 2 minggu di London. Harga gula sempat mencapai harga tertinggi karena cuaca kering di Brazil yang dapat merusak tanaman tebu, sehingga hasil gula berkurang.

Kakao
Harga kakao Juli di ICE New York naik $51 (2.07%) menjadi $2.517 per ton dan harga kakao Juli di ICE London naik 2.78%.

Harga kakao pada penutupan hari Rabu naik tajam dengan harga kakao di London naik ke harga tertinggi 6 minggu, karena persediaan kakao berkurang di Ivory Coast, karena kekeringan mengurangi kapasitas hydropower untuk listrik, sehingga pabrik-pabrik penggilingan kapasitasnya hanya 50% atau kurang.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here