Rekomendasi GBP/USD 13 Mei 2021: Turun ke Bawah 1.41 Setelah Angka CPI Buruk

692

(Vibiznews – Forex) GBP/USD turun di bawah 1.41 ke sekitar 1.4058 setelah CPI AS keluar mengatasi daripada yang diperkirakan dengan angka 4.2% sementara CPI inti muncul di 3%. Sebelumya GDP Inggris mengatasi dari yang diperkirakan dengan angka – 1.5%.

Apakah penurunan berakhir? Kelihatannya tidak, dengan pasar masuk kepada sentimen yang risk-off karena eskalasi konflik antara Israel dengan faksi Hamas dari Palestina, bergabung dengan serangan cyber yang melumpuhkan supplies gasoline di Timur Laut AS.

Namun, tekanan yang lebih besar datang dari keprihatinan akan meningkatnya inflasi di AS. Sementara angka NFP AS yang sangat mengecewakan menunjukkan perlambatan di dalam ekonomi AS, ketakutan dengan cepat muncul kembali.

Angka CPI AS yang keluar memicu kenaikan dollar AS yang safe-haven lebih jauh yang menyebabkan penurunan GBP/USD lebih jauh.

Setelah lompatan yang besar di bulan Maret dimana headline CPI naik 0.6%MoM, para analis memperkirakan akan terjadi sedikit perlambatan dalam angka MoM. Namun, para analis ternyata secara massif terlalu merendahkan angka MoM headline CPI dengan headline CPI naik ke 0.8% MoM (4 kali lebih daripada yang diperkirakan sebesar 0.2%) dan secara tahunan (YoY) lompat ke 4.2%.

Sementara Core CPI yang diperkirakan naik 3.0% (kenaikan terbesar dalam 12 bulan sejak Januari 1996)  ternyata naik lebih daripada yang diperkirakan ke 0.92% MoM yang merupakan kenaikan terbesar sejak 1981.

Penurunan matauang GBP/USD tertahan dengan munculnya angka GDP Inggris kuartal pertama yang sedikit lebih baik daripada yang diperkirakan. Ekonomi Inggris menciut hanya       – 1.5% untuk bulan pertama tahun 2021 dibandingkan dengan yang diperkirakan sebesar – 1.6%, akibat dari lockdown yang diberlakukan secara nasional.

“Support” terdekat menunggu di 1.4039 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.4010 dan kemudian 1.3950. “Resistance” terdekat menunggu di 1.4098 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.4114 dan kemudian 1.4160.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here