Rekomendasi Minyak 13 Mei 2021: Naik karena Berkurangnya Stok dan Outlook OPEC

202

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan stabil selama perdagangan sesi Asia Pasifik hari Rabu setelah naik 0.94% pada hari kemarin.

Pada perdagangan sesi Amerika, harga minyak WTI melanjutkan kenaikannya, namun tertahan oleh naiknya dollar AS akibat keluarnya data inflasi AS yang naik jauh melebihi daripada yang diperkirakan. Harga minyak mentah WTI terakhir diperdagangkan di sekitar  $66.00.

Kenaikan harga minyak mentah WTI disebabkan oleh karena turunnya inventori minyak mentah sebagaimana yang dilaporkan oleh EIA dan optimisme dari permintaan yang disorot oleh OPEC.

Sementara itu kasus serangan cyber di Colonial East Coast telah menyebabkan disrupsi yang signifikan diantara penyulingan di Pantai Teluk dan para pengguna di Pantai Timur.

Laporan dari Energy Information Administration (EIA) AS yang dipublikasikan pada hari Rabu menunjukkan bahwa Stok minyak mentah AS turun – 0.4 juta barel di minggu yang berakhir pada tanggal 7 Mei. Sementara para analis memperkirakan penurunan hanya sebesar – 2.8 juta barel.

OPEC mempertahankan outlook yang optimis mengenai permintaan minyak di dalam laporannya pada hari Selasa yang mengatakan konsumsi kemungkinan akan naik sebanyak 5.95 juta barel per hari pada tahun 2021 atau 6.6% per tahun. Outlook permintaan energi ini dicerahkan oleh Langkah-langkah pelonggaran locldown dibagian dunia maju di AS dan Eropa dan juga pemulihan yang kuat di Cina. Hal ini membantu mengoffset dampak negatip yang disebabkan oleh pandemic di India dan bagian dunia lainnya.

“Support” terdekat menunggu di $65.89 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $65.35  dan kemudian $64.53. “Resistance” yang terdekat menunggu di $66.45 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $66.99 dan kemudian $67.81

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here