Bursa Eropa Akhir Pekan Menguat

366
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa naik untuk akhir pekan ini setelah bursa Wall Street menguat, menghentikan penurunan tiga hari berturut-turut pada hari Kamis, setelah diguncang oleh kekhawatiran inflasi dalam beberapa sesi terakhir.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,7% pada perdagangan sore hari, dengan bank menambahkan 1,4% untuk memimpin kenaikan sementara sumber daya dasar adalah satu-satunya sektor di zona merah, turun 0,6%.

Indeks FTSE naik 0,7%. Indeks DAX meningkat 0,66%. Indeks CAC menguat 0,96%.

Pasar di Eropa menerima serah terima yang kuat dari Asia-Pasifik, di mana Nikkei 225 Jepang memimpin kenaikan di seluruh wilayah pada hari Jumat setelah kenaikan semalam di Amerika Serikat. Ketiga indeks utama pecah dari tiga hari berturut-turut penjualan didukung data pasar tenaga kerja yang kuat, dengan klaim pengangguran awal mingguan jatuh ke level terendah 14-bulan.

Gejolak pasar minggu ini diperburuk oleh lonjakan 4,2% dalam Indeks Harga Konsumen AS untuk bulan April, tingkat pertumbuhan tahunan tercepat sejak 2008, yang memicu kekhawatiran bahwa Federal Reserve dapat dipaksa untuk memperketat kebijakan moneter akomodatifnya.

Kembali ke Eropa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pemerintahnya prihatin tentang peningkatan transmisi varian Covid-19 baru yang pertama kali terdeteksi di India, dan mengindikasikan bahwa tidak ada yang dapat dikesampingkan dalam upaya potensial untuk menguranginya.

Dalam berita perusahaan, pemegang saham terbesar UniCredit BlackRock memberikan suara menentang paket remunerasi untuk CEO pemberi pinjaman Italia Andrea Orcel bulan lalu, Reuters melaporkan Kamis. Paket tersebut mengubah Orcel menjadi salah satu bos bank dengan bayaran tertinggi di Eropa.

Grup infrastruktur Italia Atlantia melaporkan kerugian bersih kuartal pertama pada hari Kamis dan mengkonfirmasi bahwa mereka akan membuat keputusan tentang penjualan saham mayoritas di unit jalan raya pada 11 Juni.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, Man Group naik 3,9% untuk memimpin Stoxx 600 setelah Credit Suisse menaikkan target harga.

Commerzbank memimpin reli luas untuk bank, naik 3,6% setelah kenaikan target harga dari Independent Research dan Morgan Stanley.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, InPost Luksemburg dan Nibe Industrier Swedia turun sekitar 3,5%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik terpicu aksi bargain hunting setelah bursa Eropa melemah pada sesi sebelumnya. Hasil laporan klaim pengangguran AS yang menurun juga memberikan dukungan bagi bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here