Rekomendasi Emas 14 Mei 2021: Kenaikan Tertahan Bagusnya Data Pekerjaan AS

1221

Harga emas naik sedikit pada awal perdagangan AS hari Kamis,  dengan masuknya para pembeli dari trader futures yang bertransaksi secara jangka pendek, melanjutkan kenaikan dari kerendahan harian pada hari Rabu setelah inflasi AS, Consumer Price Index (CPI) muncul jauh di atas dari yang diperkirakan. Indeks dollar AS juga turun pada hari Rabu, setelah sempat menguat sebagai reaksi awal dari kenaikan angka inflasi, yang menguntungkan pasar emas. Emas berjangka kontrak bulan Juni naik $3.00 ke $1,825.70 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Juli turun $0.204 ke $27.04 per ons.

Pada hari Kamis, Producer Price Index (PPI) untuk bulan April muncul dengan angka kenaikan 0.6% dari bulan Maret, yang adalah dua kali lipat dari kenaikan yang diperkirakan sebesar 0.3%. Laporan PPI ini menyambung laporan CPI yang naik tinggi yang dikeluarkan pada hari Rabu, sehingga kembali menaikkan dollar AS dan menekan harga emas.

Bukti-bukti terus berdatangan bahwa ekonomi AS dan bahkan ekonomi global utama lainnya sedang akan menghadapi pertempuran yang tidak diinginkan melawan tekanan inflasi pada waktunya masing-masing yang menguntungkan harga emas secara jangka Panjang.

Namun, membaiknya kondisi pasar tenaga kerja AS dengan semakin sedikitnya orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran membebani harga emas sehingga harga emas tidak bisa menemukan momentum bullishnya.

Untuk minggu kedua berturut-turut, pasar tenaga kerja AS mengalami klaim pengangguran yang berada di bawah angka 500.000, yang memperlihatkan level terendah yang baru selama masa pandemik. Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa klaim pengangguran mingguan AS turun sebanyak 43.000 menjadi 473.000, turun dari angka minggu sebelumnya yang direvisi naik menjadi 507.000. Ini adalah level terendah bagi klaim pengangguran sejak tanggal 14 Maret, 2020, sebesar 256.000. Sementara konsensus pasar memperkirakan klaim pengangguran akan turun ke 487.000, masih di atas dari angka actual yang keluar.

Pasar juga masih memperhatikan perkembangan di Timur Tengah dengan Israel dan Hamas saling menembakkan misil satu terhadap yang lainnya yang tidak pernah terjadi lagi sejak yang terbesar yang pernah jadi pada 2014.

“Support” terdekat menunggu di $1,818 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian $1,775. “Resistance” terdekat menunggu di $1,844 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,851 dan kemudian $1,881.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here