Rekomendasi Minyak 14 Mei 2021: Turun karena Pasar Berbalik Kuatir dengan Pandemi India.

296

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) turun ke bawah $64.00, di sekitar $63.50

Minyak WTI mengalami tekanan jual yang berat pada hari Kamis, memperpanjang penurunan dari ketinggian 8 minggu di sekitar $66.60 yang berhasil dicapai pada awal bulan ini. Terus naiknya kasus Covid – 19 di India terus memicu kekuatiran akan pemulihan permintaan minyak mentah kedepannya. Hal ini berbalik mengatasi optimisme karena pelonggaran restriksi yang terjadi di Eropa maupun AS, laporan dari International Energy Agency (IEA) dan bahkan proyeksi dari OPEC.

Laporan dari Energy Information Administration (EIA) AS yang dipublikasikan pada hari Rabu menunjukkan bahwa Stok minyak mentah AS turun – 0.4 juta barel di minggu yang berakhir pada tanggal 7 Mei. Sementara para analis memperkirakan penurunan hanya sebesar – 2.8 juta barel.

OPEC mempertahankan outlook yang optimis mengenai permintaan minyak di dalam laporannya pada hari Selasa yang mengatakan konsumsi kemungkinan akan naik sebanyak 5.95 juta barel per hari pada tahun 2021 atau 6.6% per tahun.

“Support” terdekat menunggu di $62.95 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $62.58  dan kemudian $61.67. “Resistance” yang terdekat menunggu di $63.86 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $64.39 dan kemudian $65.30.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here