Harga Emas Terangkat Penurunan Imbal Hasil Treasury dan Kenaikan Inflasi AS

488

(Vibiznews – Commodity) Harga emas mencapai tertinggi 3,5 bulan pada hari Senin (17/05) karena penurunan imbal hasil Treasury AS dan kekhawatiran inflasi yang terus-menerus meningkatkan permintaan logam mulia yang tidak menghasilkan.

Harga emas spot emas naik 0,58% menjadi $ 1.853,88 per ons, setelah mencapai level tertinggi sejak 2 Februari di awal sesi.

Harga emas berjangka AS melonjak 0,89% menjadi $ 1.854,90.

Inflasi harga konsumen AS yang lebih tinggi dari yang diperkirakan dan penjualan ritel yang lebih lemah benar-benar menjadi kombinasi yang kuat untuk mendukung harga emas.

Pembacaan utama ekonomi AS minggu lalu menunjukkan penjualan ritel AS April secara tak terduga terhenti dan kenaikan harga konsumen yang lebih besar dari perkiraan.

The Fed berusaha meredakan kekhawatiran pasar tentang kenaikan inflasi setelah data tersebut, dengan membatasi imbal hasil Treasury AS.

Tolok ukur imbal hasil Treasury AS 10-tahun merosot ke level terendah dalam hampir seminggu, mengurangi biaya peluang untuk memegang emas tanpa bunga.

Investor sekarang menunggu risalah pertemuan terakhir Federal Reserve AS yang dijadwalkan pada hari Rabu untuk petunjuk lebih lanjut tentang kebijakan moneter bank sentral dan komentar tentang inflasi.

Emas dipandang sebagai lindung nilai terhadap kenaikan inflasi.

Di tempat lain, perak naik 0,8% menjadi $ 27,62 per ons, setelah mencapai tertinggi satu minggu pada hari sebelumnya. Platinum naik 0,4% menjadi $ 1.229,80 dan paladium naik tipis 0,4% menjadi $ 2.903,62.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas bergerak naik seiring kekhawatiran kenaikan inflasi dan pelemahan data retail AS. Peningkatan kasus covid-19  seperti di India juga masih mengangkat harga emas. Harga emas spot diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1.864-$ 1.873. Namun jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1.846-$ 1.839.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here