Imbal Hasil Treasury AS Bergerak Datar di Awal Pekan

178

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS sebagian besar diperdagangkan datar pada hari Senin (17/05), karena investor tampaknya mengambil nafas setelah angka inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan minggu lalu.

Imbal Hasil Treasury 10-tahun AS datar pada 1,634%, sedangkan imbal hasil Treasury 30-tahun turun menjadi 2,352%. Hasil bergerak berbanding terbalik dengan harga.

Data pekan lalu menunjukkan Indeks Harga Konsumen melonjak 4,2% dari tahun sebelumnya pada bulan April, tingkat tercepat sejak 2008. Kenaikan inflasi yang lebih besar dari perkiraan meningkatkan kekhawatiran bahwa Federal Reserve dapat dipaksa untuk mulai menurunkan kebijakan moneternya yang longgar jika ekonomi AS memanas terlalu cepat.

Bank sentral mengatakan pihaknya memperkirakan inflasi akan naik tahun ini karena pembukaan kembali ekonomi AS dan pengurangan kasus Covid-19 menghidupkan kembali permintaan untuk perjalanan, makan, dan berbagai barang dan jasa lainnya.

Tetapi pejabat Fed mengatakan mereka mengantisipasi kenaikan 2021 menjadi sementara dan gagal mencapai tujuan barunya rata-rata 2% dari waktu ke waktu. Bank sentral ingin melihat harga naik lebih cepat dari 2% untuk beberapa waktu guna menutupi periode inflasi yang lebih rendah sebelum membuat perubahan signifikan pada kebijakan moneter.

Investor akan terus mencermati risalah Fed dari pertemuan kebijakan sebelumnya, yang akan dirilis Rabu, untuk petunjuk mengenai pemikiran bank sentral tentang inflasi.

Indeks Pasar Perumahan NAHB untuk Mei akan dirilis pada 10 pagi ET pada hari Senin.

Wakil Ketua Fed Richard Clarida akan berpidato di pasar negara di Federal Reserve Bank of Atlanta Financial Markets pada 10:05 ET.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan imbal hasil Treasury AS bergerak datar mencermati kekhawatiran kenaikan inflasi yang dapat memaksa The Fed menurunkan pelonggaran kebijakannya, sambil menantikan data ekonomi atau sentimen lainnya yang dapat mempengaruhi optimisme ekonomi AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here