Pembangun Rumah AS Tetap Optimis di Bulan Mei

416

(Vibiznews – Property) Permintaan pembeli yang kuat membuat para pembangun rumah tetap percaya diri, tetapi risiko kenaikan biaya bahan bangunan terus membebani keterjangkauan rumah.

Sentimen pembangun di pasar perumahan keluarga tunggal AS tidak berubah pada 83 di bulan Mei, menurut National Association of Home Builders (NAHB) / Wells Fargo Housing Market Index (HMI). Angka di atas 50 dianggap sentimen positif.

Indeks telah anjlok ke 37 pada Mei tahun lalu, karena lockdown melanda dan pasar perumahan ditutup sepenuhnya. Kemudian meningkat secara dramatis pada bulan Juni dan Juli, karena konsumen bergegas membeli rumah di pinggiran kota, mencari lebih banyak ruang untuk bekerja dan sekolah dari rumah.

Pembangun sekarang mengatakan mereka terus melihat arus pembeli yang stabil, sebagian besar karena kekurangan ekstrim dari rumah yang ada untuk dijual. Suku bunga hipotek rendah yang berkelanjutan membantu beberapa orang dengan keterjangkauan, tetapi dengan harga naik dengan cepat, daya beli melemah.

Biaya bahan hunian agregat sekarang naik 12% dari tahun ke tahun, menurut NAHB, dan biaya tersebut terus meningkat. Itu menyebabkan masalah kritis tidak hanya untuk pembangun, tetapi juga untuk pasar secara keseluruhan.

Dari tiga komponen indeks, kondisi penjualan saat ini tidak berubah di 88. Ekspektasi penjualan dalam enam bulan ke depan naik satu poin menjadi 81. Lalu lintas pembeli turun satu poin menjadi 73.

Pada rata-rata pergerakan tiga bulan, sentimen pembangun di Selatan naik satu poin menjadi 84 dan tidak berubah di Barat pada 90. Di Timur Laut, sentimen turun empat poin menjadi 82 dan di Midwest turun tiga poin menjadi 75.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here