Bursa Eropa Naik Mengabaikan Pelemahan PDB Zona Eropa Q1

445
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Selasa (18/05) terbantu aksi bargain hunting memanfaatkan penurunan harga saham pada perdagangan sebelumnya.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,3%, dengan saham minyak dan gas menambahkan 1,5% untuk memimpin kenaikan sementara telekomunikasi turun 1% di belakang penurunan pasca pendapatan untuk Iliad dan Vodafone.

Indeks FTSE naik 0,34%. Indeks DAX menguat 0,33%. Indeks CAC naik 0,18%.

Perdagangan pagi hari menunjukkan suasana yang lebih positif daripada pada hari Senin, ketika saham ditutup lebih rendah karena investor global mempertimbangkan kekhawatiran atas kenaikan inflasi dan peningkatan kasus virus corona, sebagian besar dikaitkan dengan penyebaran varian yang muncul di India.

Produk domestik bruto (PDB) zona euro turun -0,6% pada kuartal pertama, menurut data Eurostat yang diterbitkan Selasa, sejalan dengan perkiraan awal dan mengkonfirmasikan bahwa negara blok 19 anggota ini memasuki resesi teknis di awal tahun.

Angka sekilas ketenagakerjaan kuartal pertama juga menunjukkan penurunan kuartalan 0,3% di seluruh zona euro, sementara pengangguran Inggris turun menjadi 4,8% antara Januari dan Maret karena pengusaha tampaknya bersiap untuk pelonggaran pembatasan.

Indeks saham berjangka AS juga meningkat di awal perdagangan pra-pasar; Dow berjangka bertambah 92 poin, sementara kontrak yang terkait dengan S&P 500 dan Nasdaq 100 juga naik sedikit.

Virus corona terus memengaruhi sentimen pasar. Pada hari Senin, Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa pandemi global belum berakhir meskipun tingkat vaksinasi Covid yang tinggi di beberapa negara. Di Asia, tempat-tempat seperti Singapura dan Taiwan baru-baru ini mengalami kebangkitan infeksi lokal, yang mendorong pihak berwenang untuk memperketat pembatasan dalam upaya membendung penyebaran virus.

Saham di kawasan Asia-Pasifik juga melonjak pada perdagangan Selasa, karena investor bereaksi terhadap rilis data domestik bruto kuartal pertama Jepang yang menunjukkan ekonomi menyusut pada tingkat tahunan sebesar 5,1% dari Januari hingga Maret.

Penghasilan di Eropa berasal dari Engie, Homeserve, Imperial Brands dan Vodafone pada hari Selasa.

Vodafone melewatkan ekspektasi untuk melaporkan penurunan 1,2% dalam pendapatan yang disesuaikan setahun penuh, mengirimkan saham perusahaan telekomunikasi Inggris itu jatuh 6,5% pada tengah pagi.

Perusahaan alat bantu dengar Swiss Sonova naik 9% untuk memimpin Stoxx 600, setelah memproyeksikan pertumbuhan setahun penuh yang kuat didukung pemulihan pasar dan rangkaian produk baru.

Perusahaan telekomunikasi Prancis Iliad jatuh 9,6% ke dasar indeks blue chip Eropa setelah kehilangan ekspektasi pendapatan kuartal pertama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik terbantu aksi bargain hunting memanfaatkan penurunan harga saham pada perdagangan sebelumnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here